nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cari Rumah Murah? Siapkan Budget Rp138 Juta

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Sabtu 28 September 2019 19:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 28 470 2110499 cari-rumah-murah-siapkan-budget-rp138-juta-pcpG4MNwxA.jpg Ilustrasi Rumah (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Memiliki rumah merupakan keinginan bagi setiap orang. Tentunya untuk memenuhi kebutuhan papan tersebut diperlukan biaya yang tidak murah.

Ada beragam harga rumah yang ditawarkan. Oleh sebab itu, perlu untuk memperhatikan kemampuan membeli rumah dengan tipe rumah yang diinginkan.

Nah, rasanya tepat untuk mencoba melihat pameran properti guna menimbang kebutuhan membeli rumah. Salah satu yang kini sedang berlangsung adalah Indonesia International Property Expo (IIPEX) 2019.

Pada pameran properti yang berlokasi di Jakarta Convention Center, Senayan itu, menawarkan sejumlah rumah idaman dengan beragam harga dan lokasi. Mungkin saja ada yang sesuai dengan kemampuan dana yang dimiliki.

Mau tahu berapa saja harga yang tersedia untuk rumah saat ini? Berikut pantau Okezone, terkait beragam harga rumah yang ada di pameran IIPEX 2019 dimulai dari yang termurah hingga termahal.

1. Rumah Harga Rp138 juta

Jika kamu mencari rumah yang murah, cobalah cari ke daerah Dramaga, Bogor. Di sana, kamu akan menemukan komplek yang bernama Perumnas Dramaga. Pasalnya, harga rumah yang ditawarkan sangat murah, hanya Rp138 juta.

Uang muka atau DP yang perlu kamu tebus hanya Rp10 juta. Dengan dana segitu, kamu sudah bisa mendapatkan rumah dengan luas bangunan 21 meter persegi dan luas tanah sebesar 60 meter persegi.

Ilustrasi Rumah (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

2. Rumah Harga Rp329 juta

Tidak hanya di Bogor, Perumnas juga menyediakan rumah di Parung Panjang di dalam komplek Perumnas Parayasa. Harga rumah di Perumnas Parayasa dibuka dimulai dari Rp329 juta.

Cukup dengan membayar DP, kamu sudah bisa menempati rumahnya. DP yang ditawarkan sebesar 5% atau Rp11 juta, 10% atau setara Rp28 juta, hingga 20% atau Rp60 juta.

3. Rumah dengan harga Rp730 juta

Kali ini, rumah seharga Rp730 juta datang dari Bekasi. Tepatnya berada di Jatiasih Central City yang ada di Jatiasih. Di sini, kamu bisa membayar DP sebesar 20% terlebih dahulu, baru melunasi sisa 80% nya.

Memang, rumah yang kamu huni di sini nantinya akan cukup besar dengan luas bangunan sebesar 56,5 meter persegi. Namun, tanah yang tersedia hanyalah 60 meter persegi. Meski demikian, Jatiasih Central City memiliki konsep komplek mewah sehingga dilengkapi dengan fasilitas seperti kolam renang.

Baca Juga: Kualitas dan Harga Naik, Rumah MBR Dibangun Tahan Gempa

4. Rumah harga Rp1 miliar

Sekarang, kamu mulai memasuki rumah di kategori miliaran rupiah. Kamu perlu merogoh kocek hingga Rp1 miliar untuk tinggal di Balmoral Exclusive Residence, Paradise Serpong City, Tangerang Selatan. Adapun untuk harga ini, rumah yang disediakan hanya sebatas 1 lantai.

Menariknya, kamu hanya perlu membayar DP 10% atau senilai Rp100 juta, dengan rincian Rp25 juta kamu bayar sendiri, sisa Rp75 jutanya dilunasi oleh Developer (Progress Group). Kemudian, sisa Rp900 jutanya bisa kamu cicil.

Mereka menyediakan program cashback selama 2 tahun pertama. Jadi, kamu tinggal membayar Rp3,8 juta per bulan selama 2 tahun berturut-turut. Di tahun ketiga dan seterusnya, cicilan yang kamu bayarkan sudah normal atau Rp6,8 juta per bulan.

Ilustrasi Rumah (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

5. Rumah seharga 2,2 miliar

Berlokasi di Pondok Labu, cluster yang menyediakan harga rumah sebesar Rp2,2 miliar ini bernama Andara Nine Residence. Namun, kamu cukup berat untuk membeli rumah di sini. Pasalnya, cicilan yang tersedia hanya 12 kali cicilan di mana per bulan nya kamu harus membayar Rp196 juta.

DP yang harus kamu bayar hanya Rp150 juta, bisa kamu cicil 2 kali. Adapun luas bangunan di Andara sebesar 75 meter persegi dengan tanah seluas 110 meter persegi.

6. Rumah mahal di kisaran Rp3,6 miliar

Lagi-lagi dari Tangerang Selatan, atau lebih tepatnya di Sutera Victoria yang berada di Alam Sutera dengan luas tanah sebesar 7x25 meter persegi. Cukup gila memang di mana kamu harus melunasi Rp3,6 miliar dalam jangka waktu 1 bulan saja.

Namun, cobalah program KPR untuk yang satu ini. Kamu bisa membayar DP nya terlebih dahulu sebesar 15%. DP tersebut bisa kamu lunasi selama 6 bulan. Untuk urusan cicilan selanjutnya, itu urusan dengan bank yang kamu pilih.

Baca Juga: Jokowi Minta Pengusaha Kebut Pembangunan Rumah PNS

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini