nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapan Indonesia Bisa Swasembada Gula?

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Minggu 29 September 2019 14:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 29 320 2110649 kapan-indonesia-bisa-swasembada-gula-0hMOzvdJk2.png Kapan Indonesia Bisa Swasembada Gula? (Foto: Instagram Kementan)

JAKARTA - Indonesia menargetkan dalam waktu dekat bisa swasembada gula. Dengan kehadiran 10 pabrik gula baru merupakan bentuk komitmen bahwa petani Indonesia sedang menuju swasembada gula.

 Baca Juga: Kementan Optimis Swasembada Gula Putih di Depan Mata

Dukungan ini ditopang dengan keikutsertaan petani milenial yang makin menambah optimisme.

"Keikutsertaan #PetaniMilenial, makin menambah optimisme untuk #PertanianIndonesiaMaju #panganuntuknegeri," demikian dikutip dari akun Instagram @KementerianPertanian, Minggu (29/9/2019).

 Baca Juga: Ada 9 Pabrik Baru, Indonesia Siap Swasembada Gula pada 2020

Selain itu, kegiatan investasi dan ekspor dinilai menjadi komponen yang sangat penting dalam peningkatan ekonomi.

Asal tahu saja, sebagai bentuk implementasi Perpres 91/2017, Kementan mengubah paradigma birokrasi dari birokrat menjadi pelayan masyarakat. Terlebih investasi dan ekspor yang merupakan komponen paling penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

 Swasembada Gula

Berikut 4 hal penting yang dilakukan Kementan:

 

1. Mengawal proses perizinan, kemudian perizinan hanya melalui Padu Satu Kementan.

2. Adanya standar perizinan serta pelayanan perizinan yang terintegrasi secara elektronik dalam Online Single Submission (OSS).

3. Khusus untuk gula, sudah ada komitmen untuk membangun 10 pabrik gula dengan nilai investasi mencapai Rp43,82 Triliun dan menyerap 2 juta tenaga kerja. Kapasitas produksi minimal 10 pabrik gula mencapai 100.000 ton cane per day (TCD)

4. Penambahan luas area tebu akan lebih dikonsentrasikan di luar Jawa, dan hingga 2024, akan ada penambahan 15 pabrik baru untuk menuju swasembada gula.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini