Menkeu: Dulu Saya Baca si Kuncung, Anak Sekarang Princess Elsa

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Senin 30 September 2019 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 30 20 2111000 menkeu-dulu-saya-baca-si-kuncung-anak-sekarang-princess-elsa-fMWiUGKRNQ.jpg Sri Mulyani (Facebook)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyadari bahwa budaya anak-anak zaman sekarang telah berubah. Hal ini ia sadari ketika menghadiri Festival Literasi 2019 di Kementerian Keuangan.

Berdasarkan penilaian dan pengamatan yang dilakukannya, Menkeu Sri mendapati bahwa anak-anak sudah tidak terlalu mengenal tokoh-tokoh Indonesia. Menurutnya, justru mereka lebih hafal dengan karakter Disney.

 Baca juga: Sri Mulyani Sarankan Orang Tua Batasi Gadget untuk Anak, Begini Nasihatnya!

"Karakter yang mereka kenal itu karakter Disney, seperti Princess Elsa. Tidak ada yang bilang Bawang Putih atau Bawang Merah. Itulah tantangan kita semua," tuturnya di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Senin (30/9/2019).

 Sri Mulyani

"Kalau saya mah dulu pas masih kecil bacanya karya-karya Nh. Dini, Si Kuncung, Majalah Bobo, Nirmala," lanjutnya.

 Baca juga: Berbalut Batik Abu-Abu, Sri Mulyani Jadi Eyang di Depan Anak-Anak TK

Selanjutnya, Menteri Keuangan ini menyatakan bahwa fenomena-fenomena seperti itu merupakan tantangan yang perlu diatasi. Salah satu cara untuk menghadapinya adalah memperkaya lingkungan anak dengan buku.

"Saya merasa ini adalah sebuah tantangan sehingga kita perlu menghadirkan banyak buku di environment mereka. Jadinya mereka bisa kaya akan buku dan punya banyak pilihan untuk dibaca. Atau juga di dalam gadget mereka dimasukkin konten yang Indonesia," saran Menteri Sri.

Meski demikian, ia tetap memuji anak-anak TK dan PAUD yang menghadiri festival tersebut. Pasalnya, Menkeu Ani kagum dengan cita-cita mereka yang ia masukkan ke klasifikasi 'serius'.

"Tapi cita-cita mereka cukup banyak yang serius. Tadi ada yang ingin jadi polisi, astronot, dokter, bahkan pilot. Jadi saya rasa ide ingin menjadi apa itu masih banyak dan masih diminati anak-anak," tandas beliau.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini