nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masker Mulut Sekali Pakai vs Kain, Pilih Mana?

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Selasa 01 Oktober 2019 05:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 30 320 2111100 masker-mulut-sekali-pakai-vs-kain-pilih-mana-3u4evJKA0k.jpg Masker (Okezone)

JAKARTA - Penggunaan masker adalah salah satu alternatif untuk mengurangi efek samping bagi kesehatan dari kualitas udara di Ibu Kota Jakarta yang terus menurun.

Ada 2 pilihan masker yang bisa kamu gunakan, seperti masker yang berbahan kain dan masket yang bisa digunakan untuk sekali pakai. Masker kain dibanderol dengan harga sekitar Rp5.000-Rp10.000 per pieces, sedangkan masker sekali pakai dikenakan harga dari Rp500-Rp2.000 per pieces.

Meskipun keduanya memiliki kegunaan yang sama, namun masker yang digunakan sekali pakai mampu mencegah partikel kecil agar tidak terhirup dan masuk ke saluran pernafasan, sedangkan masker kain hanya dapat mencegah partikel besar saja.

Bahan dasar dari kedua jenis masker ini juga berbeda. Masker kain terbuat dari bahan katun dan bisa dicuci dan dipakai ulang dan bahan ini dinilai lebih ramah lingkungan dan bisa didaur ulang. Sedangkan mengutip dari Kerta Bumi Klinik, masker sekali pakai tidak dapat diurai karena terbuat dari spunbond yang terbuat dari plastik jenis polypropylene.

Baca Selengkapnya: Hemat Mana, Pakai Masker Mulut Sekali Pakai atau Kain?

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini