Investasi di Fintech, Pegadaian Siap Gelontorkan Rp500 Miliar

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Senin 30 September 2019 20:47 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 30 320 2111215 investasi-di-fintech-pegadaian-siap-gelontorkan-rp500-miliar-tAWXeaIh3d.jpg Pegadaian Investasi di Fintech (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - PT Pegadaian (Persero) berencana melakukan aksi koorporasi dengan menyuntikan modal di beberapa perusahaan teknologi finansial (fintech). Perusahaan pelat merah ini bakal menggelontorkan Rp500 miliar untuk investasi di fintech pada tahun ini.

 Baca Juga: Pegadaian Gandeng 10 BUMN Dorong Pemasaran Produknya

Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto menyatakan, pihaknya sudah membidik beberapa perusahaan fintech. Menurutnya, investasi bakal dilakukan pada fintech yang memang sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain itu, fintech tersebut juga harus memiliki fundamental yang kuat dari permodalan, sistem, hingga manajemen risiko. Di samping juga memiliki basis pelanggan yang tinggi.

 Baca Juga: Masuk Penyumbang Dividen Terbesar, Pegadaian Setor Rp2,82 Triliun ke RI

"Kami sekarang sedang mengincar 3 sampai 5 fintech," ujar dia ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (30/9/2019).

 Fintech

Dia mengatakan, fintech yang tengah dibidik bergerak di sektor produkti maupun nonproduktif. Diantaranya ada fintech peer to peer lending atau pinjaman online, juga ada LinkAja, fintech besutan berbagai BUMN.

Saat ini Pegadaian masih dalam proses penjajakan untuk beinvestasi di fintech, lantaran ada berbagai aturan yang harus dipeunhi, terutama dari OJK. Meski demikian, Kuswiyoto meyakini proses investasi bisa rampung diakhir tahun ini, sehingga aksi koorporasi tersebut bisa terealisasi.

"Kami patuh pada aturan-aturan OJK yang mana fintech yang boleh dikerjasamakan, mana yang enggak. Kami sedang pilih-pilih, mudah-mudahan di kuartal IV (terealisasi). Kami tidak mau bekerja sama dengan fintech yang asal-asalan, jadi kami harus cari fintech yang setara dan bagus yang bisa kami berkolaborasi," katanya.

Fintech

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini