nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta LRT Jabodebek, 2021 Siap Beroperasi dan Kereta Dikirim Oktober

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Minggu 06 Oktober 2019 07:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 04 320 2112910 fakta-lrt-jabodebek-2021-siap-beroperasi-dan-kereta-dikirim-oktober-vNmqxw3kWh.jpg Pembangunan LRT Jabodebek (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Light Rail Transit (LRT) Jabodebek akan segera datang dalam sepekan ke depan. Kepastian tersebut seiring dengan akan dikirimnya kereta LRT pada 5 Oktober dari pabrik PT Inka (Persero) di Madiun.

Dikirimkannya kereta produksi PT Inka (Persero) ini dalam rangka uji coba rute yang akan dilakukan oleh PT Adhi Karya Tbk. Berikut fakta-fakta seputar proyek pembangunan LRT seperti dirangkum Okezone, Jumat (4/10/2019):

Baca Juga: Pembebasan Lahan di Bekasi Segera Rampung, LRT Jabodebek Full Operasi November 2021

1. Beroperasi penuh November 2021

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, rapat kali ini adalah untuk menyelesaikan permasalahan lahan depo kereta yang ada di Bekasi. Sehingga diharapkan pada November 2021, kereta LRT Jabodebek sudah bisa beroperasi secara full.

"Mungkin bisa menyelesaikan tanah dengan melakukan konsinasi dan kita tinggal mengkoordinasikan. Kalau semua itu berjalan kita harapkan 2021 November maksimal itu bisa dioperasikan," ujarnya.

Proyek LRT Jabodebek Tahap I Rampung 64 Persen 

2. Adanya Kendala Pembebasan Lahan di Bekasi

Sejauh ini hampir seluruh lahan sudah dibebaskan. Hanya saja memang pembebasan lahan yang ada di Bekasi ini agak sedikit kendala. Sulit dibebaskannya lahan LRT Jabodebek yang ada di Bekasi dikarenakan adanya ketidakcocokan harga. Sehingga masyarakat menolak lahannya dibebaskan untuk depo kereta LRT Jabodebek.

"Ya hambatannya macam-macam orang enggak mau dibebaskan gitu kan, tapi undang undang nomor 2 sudah cukup efektif kalau tidak setuju kita konsinyasi. nanti pengadilan yang menerima, baru kita proses," kata Sofyan.

3. Rangkaian Kereta Dikirim dari Madiun

Akhir pekan ini rangkaian kereta sudah siap dikirim dari pabrik PT Inka di Madiun. Namun menurut Budi, tidak seluruh pesanan langsung dikirimkan, tetapi secara bertahap.

Proses pengiriman tersebut akan dilakukan mulai 5 Oktober 2019. Secara keseluruhan, Inka mengerjakan pesanan 31 trainset LRT Jabodebek setiap trainset terdiri dari 6 gerbong. Namun, pada tahap awal nanti lebih dulu dikirimkan 1 trainset yang terdiri dari 6 gerbong. Adapun sisanya akan dikirimkan secara bertahap.

 Proyek LRT Jabodebek Tahap I Rampung 64 Persen

4. Seluruh Progres Telah Capai 65,77%

Progres keseluruhan proyek tersebut mencapai 65,77% yang terdiri dari Cawang-Cibubur, Cawang-Dukuh Atas, dan Cawang-Bekasi Timur. Secara rinci untuk lintas pelayanan Cawang - Cibubur, kini progresnya mencapai 85,28%. Trase tersebut menghubungkan Cawang-Taman Mini - Kampung Rambutan-Ciracas-Kampung Rambutan.

Sementara untuk lintas pelayanan Cawang-Dukuh Atas, kini progresnya sudah 55,91%. Trase itu menghubungkan Cawang-Ciliwung-Cikoko-Kuningan-Rasuna Said-Karet Kuningan-Setiabudi-Dukuh Atas. Sedangkan lintas pelayanan Cawang-Bekasi Timur, progresnya kini telah mencapai 53,84%. Trase itu menghubungkan Cawang-Halim-Jati Bening Baru-Cikunir-Cikunir 2-Bekasi Barat-Jatimulya.

Baca Juga: Lahan LRT di Bekasi Sulit Dibebaskan, Alasannya Harga Tidak Cocok!

5. Dalam Waktu Dekat Akan Uji Coba

Dari semua jalur yang sedang dibangun, hanya Cawang-Cibubur yang siap digunakan untuk uji coba. Hal itu akan dilakukan sekitar 3-6 bulan dengan menyesuaikan dengan hasil evaluasi. Dalam uji coba tahap awal, terdapat 1 trainset atau 6 gerbong kereta yang melintas di trase itu.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku tengah mempertimbangkan untuk melakukan uji coba terbatas dari Cawang-Cibubur ketika sudah dioperasikan. Pertimbangan utamanya adalah aspek finansial.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini