nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

RI Maksimalkan Kerjasama Ekonomi dengan Eropa Tengah, Sektor Apa yang Diincar?

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Selasa 08 Oktober 2019 15:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 08 320 2114304 ri-maksimalkan-kerjasama-ekonomi-dengan-eropa-tengah-sektor-apa-yang-diincar-1BasGOPWJq.jpg RI Tingkatkan Kerjasama dengan Eropa Tengah. (Foto: Okezone.com/Kemenlu)

JAKARTA - Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia menggelar Indonesia Visegrad Group Business Forum 2019. Tujuan penyelenggaraan tersebut untuk memaksimalkan kerjasama ekonomi yang telah terjalin antara Indonesia dengan negara-negara di kawasan Eropa Tengah.

Visegrud Group (disebut juga Visegrad Four atau V4) merupakan organisasi sub-kawasan Eropa Tengah yang beranggotakan empat negara, yaitu Ceko, Hungaria, Polandia, dan Slowakia. Pada acara ini dilakukan diskusi panel, business matching, dan klinik bisnis. Sekitar 100 orang pengusaha Indonesia dan V4 dari berbagai sektor pun hadir di acara tersebut.

Baca Juga: Upaya BKPM Jemput Bola Cari Investor

"Tujuan utama penyelenggaraan memaksimalkan kerjasama ekonomi yang telah terjalin antara Indonesia dengan negara-negara di kawasan Eropa Tengah, khususnya keempat negara V4 seperti Hungaria, Polandia, dan Slowakia. Keempat negara ini telah mencatat kinerja ekonomi yang stabil dan tergolong tinggi di antara negara-negara Eropa lainnya," ujar Plt Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemlu RI Teuku Faizasyah dalam keterangan tertulis, Selasa (8/10/2019).

RI-Eropa Tengah

Dia juga menjelaskan bahwa peluang jalinan kerjasama yang semakin meningkat antara Indonesia dengan negara-negara Visegrad Group harus dimaanfaatkan dengan baik oleh pemerintah dan pelaku usaha di Indonesia.

Melalui acara forum bisnis ini, diharapkan pihak yang hadir dapat turut mewujudkan kawasan Visegrad sebagai salah satu hubungan penting Indonesia untuk kawasan Eropa tengah, Timur dan Barat.

Baca Juga: Kisruh Pembajakan FTA, Pengamat: Bila Hak Cipta FTA Dilindungi, Iklim Investasi Nyaman

"Oleh karena itu, kami mengharapkan forum bisnis dengan Visegrad Group yang pertama kali diadakan ini akan memantik terobosan-terobosan dan jaringan mitra dagang baru yang saling menguntungkan," Ujar Faizasyah.

Prospek kerja dengan negara-negara Visegrad dapat memperoleh hasil yang sama dengan pertumbuhan ekonomi yang melaju maju dengan rata-rata 4,1%, jauh di atas rata-rata Uni Eropa (+ 2%). Kombinasi ukuran ekonomi negara-V4 setara dengan ekonomi terbesar ke-5 di Eropa, dan melalui Visegrad Group keempat negara yang dimaksud memiliki posisi tawar yang semakin mengemuka di dalam Uni Eropa.

Kerjasama Indonesia dengan keempat negara anggota Visegrad semakin berkembang, diantaranya melalui ekspor produk-produk manufaktur Indonesia, volume perdagangan yang telah mencapai +USD 1 miliar (2018), kiprah investasi langsung (FDI) perusahaan-perusahaan Indonesia ke negara-negara tersebut, dan arus kedatangan (masuk) wisatawan asal-negara Visegrad ke Indonesia yang terus imeningkat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini