nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ukur Kemampuan Sebelum Nyicil Mobil dan Rumah, Jangan Sampai Terjerat Utang!

Delia Citra, Jurnalis · Sabtu 12 Oktober 2019 20:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 12 320 2116068 ukur-kemampuan-sebelum-nyicil-mobil-dan-rumah-jangan-sampai-terjerat-utang-bCYk7rn6Wb.jpeg Foto Rumah: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA – Ada beberapa pertimbangan yang wajib dipikirkan ketika mengajukan cicilan. Perhitungan matang diperlukan sebelum mengajukan kredit agar cicilan tak menumpuk hingga terjerat utang.

Dua hal penting yang harus dipikirkan adalah waktu pembayaran dan besaran cicilan. Di samping kedua hal itu, menurut Perencana Keuangan Ahmad Ghazali, yang utama ketika ingin mencicil sesuatu adalah kemampuan bayar.

Baca Juga: Tips agar Terhindar dari Jeratan Utang Pinjaman Online

“Jika ingin sukses nyicil mobil, kuncinya adalah jangan memaksakan dan jujur dengan kemampuan yang ada. Kalau memang mampu cicil mobil yang Rp200 jutaan, ya jangan maksain yang Rp400 jutaan," ujarnya saat di hubungi Okezone, Sabtu (12/10/2019).

gaji

Tak hanya untuk cicilan mobil, syarat di atas juga berlaku ketika ingin mengajukan KPR. Cicilan KPR memang membantu seseorang untuk lebih mudah memiliki rumah, namun tetap harus hati-hati.

Pastinya ada syarat yang harus dilakukan jika cicilan tersebut lancar, yaitu jangan boros. Jangan membelanjakan uang kamu untuk membeli hal-hal yang tidak terlalu dibutuhkan, karena hal ini membuat pengeluaran menjadi lebih besar dan cicilan kamu ke depannya menjadi tidak lancar.

"Khusus untuk rumah, karena dia kredit jangka panjang, maka pilih-pilih skema dan banknya dengan hati-hati. Kalau ada penurunan suku bunga yang signifikan seperti sekarang ini, tapi cicilan rumah enggak ikut turun, coba pertimbangkan untuk pindahkan KPR ke bank lain dengan akun yang baru yang sudah turun suku bunganya," ujarnya.

Baca Juga: Cara Mengelola Gaji Besar untuk Para Fresh Graduate

kpr

Ghazali juga menambahkan, jika kamu ingin meningkatkan kualitas rumah atau mobil, perlu diimbangi dengan pengorbanan. Pengorbanan yang dimaksud itu seperti mengurangi jajan atau makan di luar sampai mobilnya lunas dan kurangi belanja barang yang tidak penting agar cicilan aman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini