nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jualan Ikan Krispi, Modal Minim Untung Besar

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Sabtu 12 Oktober 2019 18:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 12 320 2116127 jualan-ikan-kripsi-modal-minim-untung-besar-gGn8XNgjHA.jpeg Makanan ringan ikan krispi (Foto: Okezone.com/Maghfira Nursyabila)

JAKARTA - Kebanyakan orang takut untuk memulai bisnis karena mereka menganggap modal yang dikeluarkan dalam membuat bisnis akan sangat besar. Namun, lain halnya dengan kelima mahasiswa dari Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang.

Kelompok kewirausahaan ini justru membuat bisnis dengan modal yang sangat minim namun memiliki harga jual yang besar. Mereka adalah Aduah Halawiyah, Agung Krismadana, Anis Agustin, Ajeng Widya dan Ailin Azanirah yang membuat bisnis makanan ringan ikan krispi berbahan dasar ikan Kalapan.

Aduah mengaku, alasan mereka menggunakan ikan Kalapan sebagai bahan dasar produk karena harganya yang dinilai sangat murah.

"Kami sengaja mengambil ikan ini karena harga jualnya yang sangat rendah, dan berpikir bagaimana caranya agar kami bisa menaikan harga jual dan nilai kualitasnya," ujar Aduah kepada Okezone saat ditemui di acara Workshop Kewirausahaan Sektor Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Sabtu (12/10/2019).

Lima mahasiswa dari Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang membuat bisnis makanan ringan ikan krispi berbahan dasar ikan Kalapan (Foto: Okezone.com/Maghfira Nursyabila)

Dia menyatakan, harga bahan baku pembuatan makanan ringan itu hanya merogoh kocek Rp8.000, namun nilai jual per bungkusnya dibanderol Rp20.000. Menurutnya, yang membuat produk tersebut memiliki nilai jual tinggi adalah kemasannya yang menarik dan juga dapat di daur ulang, disamping juga karena bahan baku dan bahan tamabahan lainnya.

Aduah menyatakan, dalam proses membuat makanan ringan itu timnya juga mengalami hambatan, yakni perihal waktu. Lantaran, kelimanya merupakan mahasiswa aktif yang masih mengikuti perkuliahan.

"Hambatannya paling di waktu, soalnya kan kami mahasiswa jadi sulit untuk membagi waktu dengan kuliah, tetapi kami sebisa mungkin mencari cara agar memenuhi kebutuhan pasar," tambahnya.

Baca Juga: Bisnis Ice Cream Ikan Nila Butuh Modal Rp500.000, Berapa Untungnya?

Dalam memulai usaha, mereka membutuhkan modal awal sebesar Rp2,5 juta. Serta membutuhkan waktu selama 5 sampai 6 bulan untuk mencapai Break Event Point (BEP) alias balik modal.

Target pasar mereka untuk di karawang adalah pemerintah daerah (pemda) dan kalangan pejabat. Mereka juga memanfaatkan media sosial untuk media promosi bisnis, yang didukung dengan pemberian harga promo di hari-hari besar seperti Lebaran.

Lima mahasiswa dari Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang membuat bisnis makanan ringan ikan krispi berbahan dasar ikan Kalapan (Foto: Okezone.com/Maghfira Nursyabila)

"Tentunya ada promo kalau hari-hari seperti lebaran, waktu itu juga pernah ada beberapa orang yang beli ini sebagai oleh-oleh dari Karawang, karena kalau ini dibawa sebagai oleh-oleh dengan waktu yang lama pasti tidak basi, berbeda dengan kue dan makanan lain yang mudah basi," jelasnya.

Produk makanan ikan krispi yang diberi nama Tarunaku ini juga memiliki banyak keunggulan dibanding produk lainnya. Seperti tidak menggunakan bahan pengawet, kemasannya ramah lingkungan karena tidak menggunakan plastik, dan juga harganya yang sangat terjangkau.

Baca Juga: Coba Bisnis Minuman Jelly dari Buah Nipah, Modalnya Enggak Besar

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini