nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aturan Terbaru PNS: Sekarang Bawahan Bisa Nilai Kinerja dan Perilaku Atasan

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 16 Oktober 2019 16:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 16 320 2117746 aturan-terbaru-pns-sekarang-bawahan-bisa-nilai-kinerja-dan-perilaku-atasan-AvuFCBTz5h.jpg Kinerja PNS (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) mengeluarkan sistem penilaian kinerja perilaku bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Sistem penilaian baru ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 30 tahun 2019 tentang penilaian kinerja PNS.

Baca Juga: Bocoran Lowongan CPNS Akhir Oktober di Bali hingga Kalimantan

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur KemenpanRB Setiawan mengatakan, dalam sistem kinerja ASN terbaru ini nantinya memungkinkan jika bawahan bisa menilai kinerja perilaku atasannnya. Karena bobot penilaian dari aturan baru ini adalah penilaian 360 derajat.

"Bobot ada 360 derajat. Jadi menilainya tidak bagus ke atasnya saja. Tidak hanya kiri kanan saja karena bawahan kita juga akan menilai kita juga," ujarnya saat ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (16/10/2019).

 Baca Juga: 23 Juta Pekerjaan PNS Akan Hilang Tergilas Industri 5.0

Menurutnya dengan sistem penilaian kinerja baru ini bisa lebih objektif. Karena semua pegawai dalam tim bisa ikut menilai kinerja perilakunya masing-masing

"Dalam penilaian perilaku kinerja sekarang dilakukan 360 derajat. Jadi yang menilai atasan rekan kita kiri kanan sama bawahan. Rekan kiri kanan ini secara objektif diminta menilai," katanya.

 PNS

Hal ini berbeda dengan zaman dahulu. Di mana hanya atasan saja yang bisa menilai kinerja dan perilaku bawahannya.

Artinya, bawahan hanya bersifat baik kepada atasannya saja. Namun perilaku kepada sesama pegawai yang memiliki strata yang sama seringkali diabaikan.

"Kalau dulu kan yang bawahan enggak dinilai yang rekanan. Kalau baik keatas kita selesai. Kalau sekarang kan kita ke kiri dan kekanannya kita harus baik mampu mengendalikan situasi teman teman dan bawahan juga harus nyaman," katanya.

Menurut pria yang kerap disapa Iwan, dengan adanya sistem penilaian kinerja ini diharapkan lingkungan kerja juga bisa kondusif dan menyenangkan. Sehingga kedepannya bisa berpengaruh pada kinerja secara keseluruhan instansi.

"Inilah paradigma seseorang ini harus bisa bekerjasama dan mempunyai bimbingan bawahannya," kata Iwan.

 PNS

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini