nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Usai Revitalisasi, Kapal Pesiar Raksasa Kini Bisa Bersandar di Benoa

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Minggu 20 Oktober 2019 04:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 19 320 2119123 usai-revitalisasi-kapal-pesiar-raksasa-kini-bisa-bersandar-di-benoa-C5uuNE1XaE.jpg Ilustrasi Kapal mewah (Reuters)

JAKARTA - Kapal pesiar berukuran raksasa yang mengangkut sekitar 1.856 turis asing asal eropa mendarat di Pulau Dewata Bali. Direktur Utama PT Pelindo III (Persero) Doso Agung mengatakan, bersandarnya kapal pesiar raksasa ini tidak terlepas dari telah selesai revitalisasi alur dan kolam Pelabuhan Benoa.

Sebelumnya, kapal ini tidak bisa sandar dan hanya lego jangkar di luar pelabuhan. Kini, kapal yang memiliki Length Overall (LOA) / panjang lebih dari 300 meter ini (Explores Dream) mulai Kamis sudah dapat bersandar di dermaga Pelabuhan Benoa dengan aman.

Direktur Teknik Pelindo III Joko Noerhudha merampungkan pengerukan dan pendalaman alur dari sebelumnya hanya minus 9 Meter LWS (low water spring/rata-rata muka air laut). Akibatnya, hanya bisa disandari oleh kapal dengan panjang dibawah 240 meter saja kini sudah menjadi minus 12 Meter LWS.

Selain itu turning basin atau area untuk berputar kapal juga dilebarkan sehingga kapal yang memiliki radius putar lebih panjang dapat melakukan manuver dengan aman dari 300 meter sekarang menjadi 420 meter. Serta lebar di kolam timur dari awal 150 meter sekarang telah menjadi 200 meter, dan untuk kolam barat dari 150 meter menjadi 330 meter.

Sebagai informasi, Benoa menargetkan kunjungan kapal pesiar di tahun 2019 ini sebanyak 75 unit kapal, dan realisasi hingga Awal Oktober ini sudah 55 unit kapal dengan total 1,4 juta Gross Tonage (GT), dan total jumlah wisatawan 29.755 orang.

Baca Selengkapnya: Kapal Pesiar Raksasa Bersandar di Pelabuhan Benoa, RI 'Kebanjiran' Turis Asing

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini