nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pangkas Eselon di Kementerian, BKN: Tunggu Penunjukan Menpan RB

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 21 Oktober 2019 20:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 21 320 2119799 pangkas-eselon-di-kementerian-bkn-tunggu-penunjukan-menpan-rb-77svUZYFBX.jpg PNS (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo berencana memangkas jabatan pada birokrasi hanya sampai eselon II saja. Hal ini disampaikan Jokowi dalam pidato pelantikan Presiden periode 2019-2024 kemarin.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Muhammad Ridwan mengatakan, pihaknya akan menunggu penunjukan Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) yang baru terlebih dahulu. Karena menurutnya, wacana tersebut harus memiliki dasar hukum yang mana perintahnya akan dikeluarkan oleb MenpanRB.

 Baca juga: Mau Dipangkas Jokowi, Ada 440.000 PNS Eselon III-V

“Iya (nunggu Menpan RB ditunjuk) karena kebijakan harus ada aturan di atas putih. Baru bisa dilaksanakan oleh BKN,” ujarnya saat dihubungi Okezone, Senin (21/10/2019).

 infografis CPNS 2019 (Okezone)

Menurut Ridwan, wacana Presiden Joko Widodo untuk memangkas jabatan pada birokrasi merupakan inisiatif yang bagus. Namun dirinya belum bisa membenerkan bagaimana bentuk dan pola yang akan diterapkan nantinya.

 Baca juga: Fakta Terkini Seleksi CPNS 2019, Nomor 4 Jangan Sampai Terlewatkan

“Kami enggak bisa ngomong sekarang tapi prinsipnya oke kalau Presiden sampaikan itu. Itu kan endorsment yang perintah kepada kita ya kita lebih lanjut lagi. Bagaimana bentuknya dan seberapa besar kita bisa saving,” jelasnya.

Menurut Ridwan, jika nantinya sudah pasti maka pihaknya siap untuk menjalankan aturan tersebut. Apalagi tujuan dari pengurangan pejabat eselon ini adalah untuk efektivitas.

“Belum dong kan Menteri PAN RB belum tahu siapa jadi belum ada arahan mengenai hal tersebut. Prinsipnya BKN sepanjang untuk meningkatkan efektivitas birokrasi kami akan menempuh upaya upaya apapun,” jelasnya.

Menurut Ridwan, sebenarnya pengurangan eselonisasi sudah dilakikan di beberapa instansi. Khususnya instansi yang sifatnya adalah penelitian lapangan yang mana hanya dipangkas sampai eselon III saja.

“Sebenarnya pengurangan eselonisasi di beberapa kementerian lembaga sudah dilakukan. Misalnya di lembaga litbang biasanya cuma kepala pusatnya kemudian eselon III nya paling Kabag TU-nya selain itu peneliti,” kata Ridwan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini