nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wacana Penghapusan Eselon III dan IV, untuk Pangkas Birokrasi?

Isty Maulidya, Jurnalis · Selasa 22 Oktober 2019 20:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 22 320 2120380 wacana-penghapusan-eselon-iii-dan-iv-untuk-pangkas-birokrasi-A2uMnQGn6j.jpg Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil. (Foto: Okezone.com)

TANGERANG - Rencana penghapusan jabatan eselon III dan IV Aparatur Sipil Negara (ASN) menuai komentar dan berbagai pihak.

Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah menyatakan belum bisa menilai apakah kebijakan tersebit akan mempengaruhi proses birokrasi di wilayah pemerintahan Kota Tangerang.

Baca Juga: Jokowi Mau Hapus Pejabat Eselon III-IV, Tidak Bisa Diterapkan di Semua Kementerian

"Kita belum bisa nilai karena presiden baru melempar wacana nanti kita lihat seperti apa intinya memang pemerintah Kota Tangerang mendukung segala sesuatu yang sifatnya bagaimana meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," ujar Arief saat memperingati Hari Santri di Lapangan Ahmad Yani, Tangerang, Selasa (22/10/2019).

Melihat Lebih Dekat Aktivitas PNS Pemprov DKI Jakarta

Lebih lanjut, Arief menjelaskan dukungannya terhadap kebijakan yang dikeluarkan oleh presiden apabila kebijakan tersebut mempermudah dan memperbaiki layanan publik.

Baca Juga: Pangkas Birokrasi Besar-besaran, Jabatan Eselon Hanya Jadi 2 Level

Arief berpendapat bahwa presiden tidak akan sembarangan dalam membuat kebijakan. Terlebih lagi dilihat dari pengalaman Jokowi yang sudah lama malang melintang dalam urusan pemerintahan.

"Beliau kan pengalaman dari jadi wali kota gubernur sampai jadi presiden, jadi jalau saya lihat tujuan kebijakan ini memangkas birokrasi untuk meningkatkan pelayanan untuk masyarakat," ujarnya.

Walaupun mendukung kebijakan yang bisa meningkatkan pelayanan publik, Arief berpendapat bahwa rencana penghapusan eselon harus melihat kebutuhan birokrasi pemerintah dan juga karier pegawai. Kebijakan tersebut dikhawatirkan akan berpengaruh pada jenjang karier ASN yang bisa mengakibatkan menurunnya motivasi dan semangat untuk melayani masyarakat.

"Tapi kita lihat juga kebutuhan birokrasi pemerintahan itu juga. Tapi secara struktural ada juga yg memang kita perlu untuk berjenjang karena kan ini bagian dari karir pegawai," ujarnya.

Ke depannya Arief berharap agar kebijakan yang dikeluarkan oleh presiden nantinya bisa berdampak baik bagi masyarakat maupun aparatur sipil negara.

"Jadi tanpa mengurangi motivasi kinerja pegawai khususnya ASN, mudah-mudahan program-programnya bisa terwujud" pungkas Arief.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini