nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapan Pertamina Mulai Ngebor Minyak di Blok Rokan?

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 24 Oktober 2019 18:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 24 320 2121348 kapan-pertamina-mulai-ngebor-minyak-di-blok-rokan-VdOVKAy6Cx.jpg Pertamina di Blok Rokan (Foto: Reuters)

JAKARTA - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) terus mendorong segera tercapainya kesepakatan antara PT Pertamina dan PT Chevron Pacific Indonesia terkait transisi Blok Rokan. Karena SKK Migas menginginkan agar proses transisi Blok Rokan ini bisa rampung pada akhir November 2019.

 Baca Juga: SKK Migas Endus 63 Kasus Pencurian Minyak di Blok Rokan

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan, alasan mengapa kesepakatan untuk segera dirampungkan adalah untuk memastikan produksi dan ketersediaannya pasokan terjamin. Karena dengan tercapainya kesepakatan, begitu kontrak habis bisa langsung dilakukan pengeboran

"Polanya bagaimana, skemanya seperti apa. Sama-sama sepakat sih 2020 Pertamina sudah bisa mulai ngebor di Blok Rokan," ujarnya saat ditemui di Kantor Pusat SKK Migas, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

 Baca Juga: Jelang Alih Kelola, SKK Migas Jaga Produksi Blok Rokan

Mantan Direktur Utama Pertamina ini mengaku pihaknya juga baru saja melakukan rapat koordinasi bersama Pertamina dan Chevron guna membahas proses transisi. Hal ini mengingat agar kasus yang terjadi di Blok Mahakam tidak terulang kembali di Blok Rokan.

"Itu Mahakam kan seperti trauma bagi kita, jangan sampai itu terjadi. Mudah-mudahan satu setengah tahun bisa menghindari itu (kasus Mahakam)," ucapnya

 Minyak

Dwi juga mengaku jika Pertamina akan melakukan pengeboran dalam jumlah besar di Blok Rokan pada tahun depan. Akan tetapi dirinya belum bisa memastikan berapa jumlah sumur yang nantinya akan dilakukan pengeboran.

"Besar. Mudah-mudahan awal November kita bisa input kira-kira tambahan dari Pertamina berapa ngebornya tahun depan," kata Dwi.

Pasalnya, lanjut Dwi, untuk rencana kerja atau work program & budgeting (WP&B) di Blok Rokan hingga saat ini belum diputuskan. Pasalnya pihak SKK masih menunggu proses transisi rampung terlebih dahulu.

"Nanti manakala ini sudah, kita akan minta tambahan dari Pertamina, apa yang akan mereka kerjakan," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini