nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lagi Cari Penasihat Keuangan? Simak Dulu 4 Tips Ini

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Minggu 27 Oktober 2019 21:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 27 320 2122338 lagi-cari-penasihat-keuangan-simak-dulu-4-tips-ini-RQIbQG2EdH.jpg Trik Hemat (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Berencana untuk mempekerjakan seorang perencana keuangan? Jika iya, hal ini bisa menjadi langkah besar untuk dilakukan, terutama kalau kamu berada di dalam situasi memiliki sisa uang pada akhir bulan namun tidak menemukan cara terbaik untuk mengatur itu semua.

Namun, mempekerjakan seorang profesional untuk bekerja sebagai CFO pribadimu biasanya tidak murah. Meskipun begitu, menggunakan jasanya sangat lah penting dan bisa menjadi investasi masa depanmu.

Baca Juga: Tips agar Terhindar dari Jeratan Utang Pinjaman Online

Berikut cara yang bisa kamu manfaatkan dengan memiliki profesional keuangan dan memahami cara terbaik untuk menggunakan jasa perencana keuangan, yang dilansir dari Business Insider, Minggu (27/10/2019):

1. Bersikap Terbuka, Jujur, dan bisa diatur

Jika kamu sedang menjadi atau mencari seorang profesional keuangan diperlukan sikap-sikap di atas. Karena kamu dipercaya untuk mengatur keuangan seseorang yang mungkin jumlahnya tidak sedikit. Jika kamu tidak memiliki sikap jujur dan terbuka, jangan harap kamu akan dipercaya oleh clientmu.

Ketika kamu mencari seorang profesional keuangan untuk mengatur keuanganmu, kamu juga harus pintar dan peka dengan segala gerak geriknya. Memang benar kamu harus mencari yang bersikap jujur dan terbuka, namun tidak ada salahnya jika kamu juga memiliki sikap "teliti" dalam hal ini.

Hal-hal itu harus dilakukan karena uang dapat mempengaruhi emosional orang lain.

nabung

2. Dengarkan, Terutama ketika mereka menyarankan untuk tidak melakukan sesuatu

Tidak ada salahnya jika mendengarkan saran dri profesional keuanganmu. Ketika kamu berambisi untuk menjual posisimu di akun investasi yang sudah kamu siapkan untuk membangun kekayaan jangka panjang, dengarkan jika penasihat keuanganmu berkata "mari kita duduk rapat dan konsisten pada strategi yang kita rancang sebelum kamu merasa kesal dengan hal ini,"

Penasihat mu dapat membantumu agar tetap fokus, disiplin dan konsisten dengan tindakan yang perlu kamu ambil dan hindari dalam perjalananmu membangun kekayaan.

3. Mintalah referensi ke profesional lain yang dapat membantumu

Kamu mungkin memiliki banyak referensi untuk mencari perencana keuangan yang sesuai dengan keinginanmu. Namun, hal ini juga dapat membantumu untuk meminta saran dan rekomendasi dari penasihat keuanganmu yang lain.

hemat

Asal tahu saja, kebanyakan perencana keuangan juga memiliki jaringan profesional karena mereka tahu itu adalah peluang besar untuk diberikan kepada klien mereka.

4. Terima pertanggungjawaban yang bisa diberikan oleh perencana keuanganmu

Untuk menggunakan perencana keuangan terbaik, manfaatkanlah pengetahuan, nasihat, dan kebijaksanaan yang dapat mereka berikan kepadamu, tetapi pastikan kamu mengandalkan mereka untuk bagian pertanggungjawaban juga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini