nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

ICDX Logistik Berikat Disupport Perusahaan Konstruksi China Rp17,1 Triliun

Widi Agustian, Jurnalis · Selasa 29 Oktober 2019 18:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 29 320 2123287 icdx-logistik-berikat-disupport-perusahaan-konstruksi-china-rp17-1-triliun-avIoChebgs.jpg ICDX Didukung China (Foto: Ist)

JAKARTA - Guangxi Road and Bridge Engineering Group (GRBG) telah menyetujui untuk memberikan support kepada PT ICDX Logistik Berikat (ILB) senilai Rp17,1 triliun untuk proyek pembangunan infrastruktur dalam negeri.

Guangxi Road dan Bridge Engineering Group (GRBG) sendiri merupakan salah satu perusahaan engineering terbesar di China yang bergerak di bidang konstruksi.

“Kerja sama yang dilakukan kedua belah pihak ini sejalan dengan visi pemerintah ke depan untuk menjadikan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi terbesar ke-5 dan juga negara terkuat ke-4 di dunia,” kata Direktur Utama ILB Petrus Tjandra dalam keterangan tertulisnya, Selasa (29/10/2019).

 Baca Juga: Menhub: Pemerintah dan Swasta Harus Kerjasama Kejar Ekspor

Pada tanggal 14 Oktober 2019, ILB telah melakukan penandatangan 2 Head of Agreement (HoA) dengan PT Jasa Sarana senilai total Rp1,04 triliun dan juga PT Wijaya Karya (Persero) senilai Rp5 triliun melalui fasilitasi PINA. Penandatanganan ini diinisiasi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (Bappenas) bertempat di Kantor Bappenas, Menteng. Selain itu, ILB juga telah menandatangani HoA dengan PT Waskita Sriwijaya Tol senilai total Rp7,45 triliun pada tanggal 16 Oktober 2019.

Dia mengatakan, pemerintah mengkalkulasikan bahwa kebutuhan pendanaan untuk sektor infrastruktur dalam 5 tahun kedepan sampai 2024 mencapai Rp6.445 triliun. Kebutuhan yang besar ini terhubung dengan pelaksanaan program pemerintah yang telah menyiapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN 2020-2024).

 Baca Juga: Tingkatkan Daya Saing, Sektor Logistik Harus Berbenah di Industri 4.0

Prioritas nasional pemerintah dalam RPJMN tersebut adalah memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar. Dalam lima tahun ke depan, Indonesia tetap akan fokus membangun infrastruktur yang akan berdampak langsung secara sosial dan ekonomi.

 Logistik

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini