nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jalur Ganda Kereta Jombang-Madiun Beroperasi Hari Ini

Avirista Midaada, Jurnalis · Rabu 30 Oktober 2019 10:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 30 320 2123500 jalur-ganda-kereta-jombang-madiun-beroperasi-hari-ini-iTgtHaQiP4.jpg Jalur Kereta Baron-Madiun (Foto: Okezone.com/Avirista)

JOMBANG - PT Kereta Api Indonesia (KAI) meresmikan jalur kereta api ganda di Jombang-Baron yang menjadi salah satu proyek nasional jalur kereta di lintas Selatan Pulau Jawa ruas Jombang-Madiun sepanjang 84 kilometer.

Pelaksanaan pengoperasian jalur ganda Jombang - Madiun ink sendiri terbagi dalam empat tahap, pertama tahap Baron - Nganjuk sepanjang 16 kilometer yang telah beroperasi bulan Maret 2019.

 Baca juga: Stasiun Manggarai Gantikan Gambir, Kemenhub: Nanti Didiskusikan

Kemudian tahap kedua Nganjuk - Babadan sepanjang 39 kilometer yang telah dioperasikan pada April 2019. Tahap ketiga yakni Babadan - Madiun sepanjang 16 kilometer yang beroperasi 16 Oktober 2019.

Tahap terakhir yakni Jombang - Baron sepanjang 23 kilometer yang rencana dioperasikan Rabu ini 30 Oktober 2019.

 Baca juga: Sejarah Perkeretaapian Indonesia, Dimulai dari Pencangkulan Jalur di Daerah Ini

Pada tahap keempat Jombang - Baron ini setidaknya ada empat stasiun yang dilintasi jalur kereta api ganda yakni Stasiun Jombang, Stasiun Sembung, Stasiun Kertosono, dan Stasiun Baron.

 Rel kereta

PPK Pengembangan Perkeretaapian Jawa Timur Wilayah 1 (Jalur Ganda Jombang - Madiun) Yustina Nurhayati mengatakan uji coba jalur ganda di empat tahap ini telah selesai dilakukan. Pengujian dilakukan beberapa kali oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, termasuk pengawasan dan evaluasi kelayakan jalur ganda dan bangunannya.

 Baca juga: Ada Kereta Istimewa Jakarta-Bandung, Tarifnya Bikin Geleng-Geleng Kepala

"Kami dari Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Timur Bagian Timur bersama PT KAI Daop 7 Madiun telah melakukan ujicoba track dengan menggunakan rangkaian kereta api yang merupakan tahapan commisiong terakhir sebelum dioperasikannya jalur ganda," ungkap Yustina dalam keterangan tertulisnya, Rabu (30/16/2019).

Ia menambahkan di jalur kereta api ganda segmen Jombang - Baron juga dibangun dua bangunan stasiun baru yakni Stasiun Sembung dan Stasiun Baron, sehingga mampu mengakomodasi masyarakat di sekitar wilayah tersebut untuk menggunakan kereta api.

Yustina berharap, dengan pengoperasian jalur kereta api ganda segmen Jombang - Baron mampu mempercepat waktu tempuh kereta api dari Jombang menuju Madiun maupun sebaliknya.

"Jalur kereta api ganda ruas Jombang - Madiun nantinya bisa mempercepat waktu tempuh kereta api dan membuat orang mau berpindah menggunakan transportasi umum kereta api. Imbasnya pertumbuhan perekonomian masyarakat di jalur selatan kereta api meningkat," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini