nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Stasiun Manggarai Gantikan Gambir, Kemenhub: Nanti Didiskusikan

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 08 Oktober 2019 16:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 08 320 2114330 stasiun-manggarai-gantikan-gambir-kemenhub-nanti-didiskusikan-fzFfSm1jxD.jpg Stasiun Gambir. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Stasiun Gambir tidak akan melayani rute jarak jauh pada 2021. Sebab, pemerintah akan menjadikan Stasiun Manggarai sebagai sentral stasiun di Jakarta.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setyadi mengatakan, perlu ada diskusi lebih lanjut untuk mengatur lalu lintas di sekitar Stasiun Manggarai. Karena jika tak ada pengaturan khusus bisa berdampak pada arus lalu lintas di sekitar Stasiun Manggarai.

 Baca Juga: Kereta Jakarta-Bandung Ini Punya Tarif Rp19 Juta, Berani Coba?

"Nanti saya coba diskusikan. Biasanya pak menteri pasti selalu kalau ada perubahan terhadap skema untuk satu terminal satu simpul, pasti akan dilibatkan dengan yang lain," ujarnya saat ditemui di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Menurut Budi, dalam diskusi nanti akan melibatkan beberapa stekholder. Misalnya dari pihak pemerintah yang akan melibatkan Badan Pengelola Transporrasi Jabodetabek.

Stasiun Gambir

Budi Setiyadi menegaskan, setiap pengembangan moda transportasi pasti akan didukung dengan transportasi yang lain. Sebagai contoh, di beberapa daerah sudah massif terbangun konsep Transit Oriented Development (TOD).

Baca Juga: Ada Kereta Istimewa Jakarta-Bandung, Tarifnya Bikin Geleng-Geleng Kepala

"Jadi semuanya akan mendukung, sehingga kita harapkan masyarakat berpindah dari satu moda transportasi ke moda yang lain akan lebih bagus," jelasnya.

Asal tahu saja, Stasiun Gambir akan pensiun melayani kereta api jarak jauh mulai 2021 mendatang. Sebagai gantinya, peran Gambir akan diambil alih oleh Stasiun Manggarai.

Stasiun Gambir sebagai hub atau persinggahan persimpangan utama kereta di DKI Jakarta akan diambil alih oleh Stasiun Manggarai. Hal ini akan berdampak besar pada lalu lintas disekitar Manggarai nantinya.

Pasalnya pada saat ini saja, Stasiun Gambir memiliki lalu lintas yang padat karena banyaknya masyarakat dan ojek online yang berhenti di jalan. Apalagi jika nantinya pindah ke Stasiun Manggarai yang diprediksi bisa berdampak pada arus lalu lintas di sekitar Stasiun Manggarai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini