nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

AS Pangkas Suku Bunga untuk Ketiga Kalinya

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 31 Oktober 2019 07:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 31 20 2123921 as-pangkas-suku-bunga-untuk-ketiga-kalinya-adbjgeiwjj.jpeg The Fed Turunkan Suku Bunga. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

WASHINGTON - Bank sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve (The Fed) kembali memutuskan untuk memangkas suku bunga acuannya sebesar 25 basis point. Kebijakan moneter tersebut dibuat untuk membantu mempertahankan pertumbuhan ekonomi AS ketika ada perlambatan global.

Bank Sentral AS mengumumkan keputusannya untuk menurunkan bunga seperempat poin ke level antara 1,50% dan 1,75%.

Baca Juga: The Fed Turunkan Suku Bunga, Sri Mulyani Sebut RI Enggak Harus Ikut-Ikutan

"Kami mempercayai kebijakan moneter ada di tempat yang baik," kata Ketua Fed Jerome Powell dalam konferensi pers, dikutip dari Reuters, Kamis (31/10/2019).

Powell mengatakan, langkah ini untuk membantu menyelamatkan ekonomi tetap kuat dalam ketidakpastian perkembangan global. Di samping itu, hal ini menyediakan asuransi terhadap risiko yang sedang berlangsung.

Ilustrasi The Fed

"Kami melihat kebijakan moneter saat ini akan tetap sesuai untuk informasi yang masuk tentang ekonomi tetap luas dengan prospek kami," ujarnya.

Baca Juga: The Fed Pangkas Suku Bunga untuk Kedua Kalinya Tahun Ini

Powell mengatakan, The Fed melihat berbagai risiko yang membuat para pejabat Fed meyakinkan untuk menurunkan suku bunga.

Dalam keputusannya untuk menurunkan suku bunga, The Fed membatalkan referensi sebelumnya yang mempertahankan ekspansi ekonomi sebagai tanda untuk penggantian suku bunga di masa depan.

Sementara itu, Presiden Fed Kansas City Esther George dan Presiden Fed Boston Eric Rosengren menyatakan tidak setuju dengan keputusan itu. Menurut mereka keputusan untuk menurunkan suku bunga sebanyaj tiga kali tahun ini tidak perlu.

Penurunan suku bunga diantisipasi oleh pasar keuangan, tetapi harapan untuk pemotongan tambahan setelah Oktober telah berkurang secara signifikan dalam beberapa pekan terakhir. Kontrak yang mengangkat dengan tingkat Dana Federal membuktikan ekspektasi mungkin satu pemotongan suku bunga tahun depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini