nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pagi Ini, Sri Mulyani Lantik Dirjen Pajak Baru

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 01 November 2019 08:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 01 20 2124414 pagi-ini-sri-mulyani-lantik-dirjen-pajak-baru-moj9x1ge41.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Okezone.com/Puspen Kemendagri)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bakal melantik Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang baru pada hari ini, Jumat (31/10/2019). Pelantikan diagendakan pada pukul 08.30 WIB di Kementerian Keuangan.

Hal tersebut terkait dengan selesainya masa jabatan Robert Pakpahan sebagai Dirjen Pajak pada Kamis (31/10/2019). Robert yang kini genap berusia 60 tahun telah memasuki masa pensiun. Sebelumnya, dia dilantik menjadi Dirjen Pajak pada 30 November 2017 lalu.

Baca Juga: Ada Ratas, Pelantikan Dirjen Pajak Ditunda Jadi Besok

Adapun acara pelantikan ini bergeser dari yang sebelumnya direncanakan pada Kamis sore kemarin. Namun, berhubungan dengan Sri Mulyani yang harus mengikuti rapat terbatas (ratas) kabinet di Istana Kepresidenan, maka rapat ditunda dan dilaksanakan pagi ini.

Sri Mulyani

Dalam agenda pelantikan itu, Sri Mulyani tidak hanya akan melantik Dirjen Pajak yang merupakan jabatan Eselon I saja. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu juga akan melantik pejabat Eselon II di lingkungan Kementerian Keuangan.

Baca Juga: Wapres JK: Hati-Hati dalam Pengadaan Core Tax System

Sekedar informasi, berdasarkan informasi yang beredar, ada sejumlah nama yang digadang-gadang bakal menggantikan Robert. Diantaranya Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Luky Alfirman dan Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Astera Primanto Bhakti, serta Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Kepatuhan Pajak Suryo Utomo.

Namun dari nama-nama tersebut, pada akhirnya mengerucut kepada Suryo Utomo yang menjadi kandidat terkuat mengisi jabatan Dirjen Pajak.

Adapun pemilihan Dirjen Pajak ini melalui beberapa tahap, dimana Sri Mulyani mengajukan nama-nama calon kepada Presiden Jokowi, kemudian Kepala Negara itu sendiri yang memutuskannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini