nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sri Mulyani: Tugas Suryo Utomo sebagai Dirjen Pajak Sangat Berat

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 01 November 2019 10:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 01 20 2124469 sri-mulyani-tugas-suryo-utomo-sebagai-dirjen-pajak-sangat-berat-mSbNoYTnUM.jpg Pelantikan Dirjen Pajak Baru Suryo Utomo. (Foto: Okezone.com/Yohana)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani baru saja melantik Suryo Utomo menjadi Direktur Jenderal Pajak menggantikan Robert Pakpahan yang telah memasuki masa purna tugas. Dirinya pun langsung mengingatkan Suryo bahwa tugas yang diemban sangatlah berat.

Sri Mulyani menyatakan tugas Suryo sangat berat. Lantaran Suryo harus menanggung beban untuk mengumpulkan penerimaan negara dari pajak, yang porsinya merupakan 70% dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Baca Juga: Jadi Dirjen Pajak Baru, Ini Sederet Pengalaman Suryo Utomo

"Saya tidak memilih kata tidak ringan, tetapi sangat berat, karena 70% penerimaan APBN kita untuk mendukung seluruh aktivitas Republik Indonesia berasal dari Direktorat Jenderal Pajak," ujar Sri Mulyani saat pelantikan di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Jumat (1/11/2019).

Pelantikan Dirjen Pajak Baru Suryo Utomo

Berikut profil Suryo Utomo, Dirjen Pajak yang baru. Suryo merupakan kelahiran Semarang, 26 Maret 1969 tersebut telah menempuh pendidikan Sarjana Ekonomi di Universitas Diponegoro dan meraih gelar pada 1992. Lalu melanjutkan pendidikan Master of Business Taxation di University of Southern California, Amerika Serikat dan mendapatkan gelarnya pada tahun 1998.

Baca Juga: Sri Mulyani Lantik Suryo Utomo Jadi Dirjen Pajak Baru

Kemudian dia mengawali karier Pegawai Negeri Sipil sebagai pelaksana di Kementerian Keuangan pada tahun 1993 di Sekretariat Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Pajak. Suryo juga pernah menjabat sebagai Kepala Seksi PPN Industri pada tahun 1998 dan sebagai Kepala Seksi Pajak Penghasilan Badan pada tahun 2002.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini