Kabar Gembira! Suku Bunga KUR Bakal Turun

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 01 November 2019 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 01 320 2124753 kabar-gembira-suku-bunga-kur-bakal-turun-xVsQeBDR8X.jpg Laporan Keuangan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah mengkaji penurunan suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang saat ini sebesar Rp7%. Hal ini untuk semakin menstimulus perekonomian dalam negeri.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, di tengah pelemahan ekonomi global maka perlu menjaga ketahanan ekonomi domestik. Utamanya menjaga daya beli dan konsumsi rumah tangga, mengingat pertumbuhan ekonomi Indonesia masih ditopang konsumsi.

Baca juga: Kredit Usaha untuk TKI Biang Kerok Kredit Macet

"Perlu menjaga momentum pertumbuhan ekonomi dalam negeri dengan menjaga daya beli, karena kan komposisi terbanyak kan 55% dari konsumsi," kata Airlangga di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (1/11/2019).

Oleh sebab itu, salah satu sektor yang menjadi perhatian pemerintah adalah mendorong aktivitas perekonomian melalui Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Di mana perlu didukung dengan berbagai kebijakan, salah satunya dengan pemangkasan suku bunga KUR.

airlangga

"Itu yang kami sampaikan juga di sidang kabinet untuk mereview mendorong usaha kecil menengah. Ini akan kita dorong lagi untuk KUR," katanya.

Menurutnya, ada ruang penurunan suku bunga KUR lantaran tingkat suku bunga acuan Bank Indonesia juga terus menurun. BI memang telah memangkas suku bunga sebesar 100 basis point (bps) sepanjang 2019 ke level 5%.

Terlebih lagi inflasi terus terjaga di kisaran sasaran pemerintah yang sebesar 3,5%. "Jadi sudah waktunya juga untuk menurunkan tingkat suku bunga KUR. Ini sedang kami pelajari," tutupnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini