nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gaet Gojek hingga Tokopedia, Menteri Teten Siap Perluas Pasar UMKM

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 05 November 2019 20:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 05 320 2126167 gaet-gojek-hingga-tokopedia-menteri-teten-siap-perluas-pasar-umkm-ANYReViMfO.jpg Teten Masduki (Foto: Okezone.com/Kemenkop UKM)

JAKARTA - Menteri Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki, mengatakan akan menjalankan lima program prioritas. Hal tersebut guna mendorong sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) ke arah yang lebih maju.

"Kami memiliki lima program utama untuk dijalankan. Pertama memperluas pasar produk-produk UMKM. Upaya itu akan dilaksanakan dengan menggandeng perusahaan-perusahaan digital seperti Gojek, Tokopedia dan Bukalapak," ujar dia di Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Baca juga: Ingin Naik Kelas, Bos Tokopedia: UMKM Jangan Dikasihani

Kemudian, lanjut dia, tiga perusahaan itu siap membantu membuka akses pasar lebih besar untuk pengusahaan UMKM. Kedua adalah meningkatkan daya saing dan kapasitas produk-produk yang dihasilkan.

Menkop UKM Teten

"Kami akan mengembangkan kapasitas manajemen usaha. Dan kami akan terus laksanakan pendampingan, pelatihan, konsultasi kepada para pelaku usaha UMKM," ungkap dia.

Baca juga: Teten Masduki Sebut KUR-LPDB Belum Bisa Bikin 62,9 Juta UMKM Berkembang

Selanjutnya, tutur dia UMKM akan diberikan kemudahan berusaha sama seperti pelaku usaha besar. Serta, harus ada keadilan buat UMKM mengenai regulasi yang menghambat akan dihilangkan.

"Yang terakhir, Kami akan menjalankan program pembiayaan yang lebih mudah diakses oleh para pelaku usaha. Sekarang memang sudah ada KUR, tapi dari laporan di lapangan, pelaku UKM juga masih mengalami kesulitan dalam mengakses pembiayaan," jelas dia.

Dia menambahkan dengan dijalankannya lima program itu, dirinya berharap kinerja sektor UMKM akan semakin terangkat dan mampu mendorong perekonomian nasional.

"Karena ekonomi dunia sedang tidak mudah, kira harus kuatkan yang ada di dalam negeri," pungkas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini