nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Kumpul Bareng Ratusan Bankir, Bahas Apa?

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 06 November 2019 11:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 06 320 2126334 jokowi-kumpul-bareng-ratusan-bankir-bahas-apa-xqI7qXCBpU.jpeg Presiden Jokowi (Foto: Okezone.com/Yohana)

JAKARTA - Ratusan bankir dari perbankan nasional berkumpul dalam acara Indonesia Banking Expo (IBEX) 2019. Dalam kesempatan tersebut akan dibahas konsolidasi para pelaku di sektor jasa keuangan dalam menghadapi perkembangan digitalisasi.

Baca Juga: Sederet Tantangan Sektor Perbankan di Kabinet Jokowi-Ma'ruf, Apa Saja?

IBEX 2019 yang bertajuk Consolidate to Elevate tersebut juga menghadirkan pelaku industri asuransi, multi-finance, perusahaan pembayaran, dan perusahaan teknologi finansial (tekfin). Acara tersebut juga dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

ibex

Wakil Ketua Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) Tigor M Siahaan menyatakan, sektor jasa keuangan akan terus mendukung inklusi dan literasi keuangan sehingga semakin memperbesar akses masyarakat untuk menikmati industri keuangan.

Baca Juga: Kondisi Perbankan 5 Tahun Terakhir, Masalah di Kredit Macet

"Kami juga akan terus mendorong penyaluran kredit ke usaha kecil agar mendorong perekonomian, namun tetap dengan prinsip kehati-hatian," ungkapnya di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Tigor pun menyampaikan kepada Jokowi bahwa kontribusi sektor keuangan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) di tahun 2018 sebanyak Rp616 triliun. Mengalami peningkatan Rp200 triliun dari kontribusi di tahun 2014.

ibex

Outstanding pembiayaan yang sudah disalurkan mencapai Rp5.300 triliun, baik ke bidang usaha maupun rumah tangga. "Sehingga ini memberikan multiplayer effect yang tinggi ke perekonomian nasional," kata dia.

Dalam kesempatan itu, hadir pula pembicara lainnya yakni Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Sugeng, dan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Heru Kristiyana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini