nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Perjanjian Dagang Ini Akan Dikebut Pemerintah hingga Akhir 2020

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 08 November 2019 20:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 08 320 2127594 5-perjanjian-dagang-ini-akan-dikebut-pemerintah-hingga-akhir-2020-m4R6fzGToM.jpg Kerjasama (Discovermagazine)

JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan ada lima perjanjian dagang internasional yang bakal dikebut hingga akhir tahun 2020. Hal itu sesuai arahan yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada kementerian tersebut.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyatakan, ke lima prioritas perjanjian perdagangan yakni Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IU-CEPA), Indonesia-Moroko PTA (Preferential Trade Area), Indonesia-Tunisia PTA, Indonesia-Bangladesh PTA, dan Indonesia-Turki CEPA.

 Baca juga: Gandeng Polri, BKPM Jamin Keamanan Investasi di Ambon

"Atas saran Presiden dan Mendag ini harus diselesaikan sebelum akhir 2020," ujarnya dalam konferensi pers di Kantor Kemendag, Jumat (8/11/2019).

Adapun kelima perjanjian perdagangan tersebut, disebut Jerry, memiliki potensi yang menguntungkan bagi Indonesia untuk direalisasikan. Ke depannya akan dilakukan pertemuan secara rutin dengan kelima negara tersebut untuk segera merampungkan perjanjian.

 Baca juga: Ketemu Mendag AS, Menko Airlangga Bahas Perdagangan hingga Investasi Boeing dan Tesla

"Kami melihat prioritas negara-negara tersebut sangat berpotensi untuk Indonesia," katanya.

Dia menyatakan, paling utama untuk dirampungkan adalah perjanjian dagang dengan Uni Eropa. Ditargetkan, blok dagang dengan Uni Eropa ini bakal rampung di pertengahan tahun 2020.

“Uni Eropa ini akan coba kita segerakan mudah-mudahan pertengahan tahun depan bisa mencapai titik terang,” tutup dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini