nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada Spider Women, Penjaga Transmisi Listrik di Banda Aceh

Hairunnisa, Jurnalis · Senin 11 November 2019 17:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 11 320 2128442 ada-spider-women-penjaga-transmisi-listrik-di-banda-aceh-MGcaPA5jLc.jpg Srikandi PLN (PLN)

JAKARTA - Menjaga jaringan transmisi listrik dalam kondisi aman adalah hal yang harus diperhatikan. Selain itu, dibutuhkan orang-orang yang handal dalam memastikan pasokan listrik tersebut.

Memang pekerjaan tersebut dinilai bahaya dikarenakan tingkat risiko yang tinggi. Di mana, para pekerja tersebut harus bertaruh nyawa dari tegangan tinggi dan ketinggian dari sutet tersebut.

 Baca juga: Fakta Menarik Hasil Investigasi Blackout, PLN Lalai hingga 4 Kementerian Ikut Terseret

Namun, bagaimana jika para pekerja tersebut dari kaum Hawa?

 Srikandi PLN (PLN)

Unit Pelayanan Transmisi (UPT) PLN wilayah Banda Aceh, memiliki tim penjaga listrik yang keseluruhan anggotanya adalah wanita. Spider Women ini dipanggil dengan nama Srikandi Listrik.

 Baca juga: Umumkan Hasil Investigasi Blackout, Listrik Kantor Ombudsman Justru Padam

"Pastikan pasokan listrik selalu andal, PLN kerahkan tim yang seluruh anggotanya perempuan," tulis PLN seperti dilansir dari akun instagram resminya, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Bertepatan pada hari pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November kemarin, PLN melalui akun instagram pribadinya @pln_id, mengunggah sebuah video yang memperlihatkan pasukan Srikandi tersebut.

 Baca juga: Bukan Pohon Sengon, PLN Lalai Sebabkan Blackout

Video ini memperlihatkan tugas dari para srikandi ini, yang memanjat SUTET bertegangan tinggi dan berisiko sangat besar. Hal ini dilakukan demi menjaga keamanan pasokan listrik di wilayah Banda Aceh.

Meskipun berisiko mereka tetap melakukan pekerjaan ini sehari-hari agar aliran listrik tidak ada gangguan jaringan. Mereka para srikandi patut dianggap menjadi Pahlawan Masa Kini.

 Baca juga: Agar Blackout PLN Tak Terulang Lagi, Begini Rekomendasi Ombudsman

Video yang diunggah 23 jam lalu, telah diliat 10.6 ribu akun. Selain itu, video berdurasi 1 menit 20 detik tersebut tealh dikomentari puluhan akun.

Berikut komentarnya:

"hati2 mbak.e ,, semoga dapat jodoh ganteng," ujar el***l.**a

"Diversity," ujar @Cl***ke***t.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini