nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2 Pesan Jokowi ke Pemda: Ciptakan Lapangan Kerja dan Investasi

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 13 November 2019 15:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 13 320 2129384 2-pesan-jokowi-ke-pemda-cipta-lapangan-kerja-dan-investasi-ZmoX6QeyQm.jpg Presiden Jokowi (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan dua agenda besar pemerintah saat membuka Rakornas Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). Pertama, Jokowi mengatakan bahwa pemerintah ingin menciptakan lapangan kerja sebagai agenda pemerintah baik di pusat maupun daerah.

"Semua mengarah ke sana penciptaan lapangan kerja kalau berhubungan dengan ini saya minta semua dukung. Artinya iklim investasi betul-betul kita perbaiki, kalau ada investasi datang ke sebuah daerah bukan urusannya pemda tapi juga urusan keamanan proses perizinan semua memberikan dukungan. Polri, TNI, Kejaksaan semua memberi dukungan," kata Jokowi.

Baca Juga: Januari 2020, Jokowi Terbitkan Daftar Positif Investasi

Jokowi ingin investasi bisa muncul ke daerah. Sehingga, kata dia, Indonesia tak lagi kalah dengan Singapura, Vietnam, Filipina, hingga Thailand.

"Apa mau kalah dengan Laos, Kamboja? Tidak. Stop, nggak mau kita oleh sebab itu jangan kita biarkan investasi yang masuk ke daerah sudah ada minat nggak bisa karena mereka tidak dilayani dengan baik," imbuhnya.

jokowi

Jokowi ingin pemerintah bisa membuka 7 juta lapangan pekerjaan. Ia pun kembali menyinggung 33 perusahaan Tiongkok yang gagal berinvestasi ke Tanah Air karena lebih memilih Vietnam, dan negara lainnya.

Sedangkan, kerja besar pemerintah yang kedua yakni investasi. Jokowi ingin investasi bisa mengurangi defisit neraca perdagangan dan defisit transaksi berjalan.

Baca Juga: Kini Investor Bisa Lihat Langsung Potensi dan Lokasi Investasi Secara Digital

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu ingin prioritas investasi yang masuk memiliki orientasi ekspor. "Investasi yang orientasinya ekspor, sudah tutup mata tanda tangan izinnya, secepat-cepatnya, urusan keamanan back up dari Polres, agar muncul cipta lapangan kerja yang kita inginkan, atau ada orang datang ini membangun pabrik substitusi impor, barang-barang yang saat ini masih impor dan mau bikin di sini tutup mata dan tanda tangan secepat-cepatnya, nggak usah ditanya sudah saya berikan," tandasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini