nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Luhut: Pembangunan Ibu Kota Baru Cukup 3 Tahun

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Jum'at 15 November 2019 11:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 15 470 2130191 menko-luhut-pembangunan-ibu-kota-baru-cukup-3-tahun-rzLeXhV3Uq.jpg Ilustrasi Pembangunan Proyek Infrastruktur. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan apa saja yang dibahas soal pemindahan ibu kota baru, di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), hari ini.

Baca Juga: Luhut hingga Anies Datangi Kementerian PPN, Ada Apa?

Saat ini semua pihak sedang mempersiapkan perencanaan hingga pemindahannya. Dengan demikian, maka diharapkan pembangunan di ibu kota baru bisa selesai dalam kurun waktu 3 tahun.

Desain Ibu Kota Baru

"Tadi persiapkan semua mengenai perencanaannya, pemindahannya. Jadi kita sepakat perencanaan bisa selesai setahun dengan matang sehingga pembangunan tiga tahun cukup," ujar Menko Luhut di Kementerian PPN, Jumat (15/11/2019).

Baca Juga: Pemindahan Ibu Kota, Jakarta Dirancang seperti New York

Selain itu, Menko Luhut juga mengharapkan konstruksi bisa mulai dibangun pada akhir 2020. Namun, Dia tidak menutup kemungkinan konstruksi akan dilaksanakan lebih lama lagi yakni awal 2021.

"Kita harap mungkin tahun depan sudah mulai konstruksinya, antara akhir tahun depan atau awal 2021," tuturnya.

Sementara itu, Luhut juga menyinggung perihal Badan Otorita Persiapan, Pemindahan, dan Pembangunan Ibu Kota. Menurutnya, badan tersebut sudah berjalan dan Perpres akan segera dilaporkan kepada Presiden Jokowi pada Senin nanti.

"Kalau badan otorita sedang jalan. Kalau Perpres lagi dikerjain Pak Suharso, Dia yang akan lapor ke presiden hari Senin," jelasnya.

"Nanti kita lihat, harus cepat karena kita berpacu pada waktu. Kita mungkin sepakat jangan kasih birokrat tapi kasih profesional, calon kepalanya belum tahu," tutupnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini