nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Konsumsi Ikan Masyarakat RI Baru 50,49 Kg, Belum Capai Target

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Minggu 24 November 2019 10:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 24 320 2133748 konsumsi-ikan-masyarakat-ri-baru-50-49-kg-belum-capai-target-hz0W8f6hmc.jpg Konsumsi Ikan Masyarakat RI Belum Capai Target (Foto: Okezone.com/Dias)

JAKARTA - Ikan menjadi salah satu makanan yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tubuh manusia. Tidak hanya itu, banyak pula yang percaya bahwa dengan mengkonsumsi ikan, maka kecerdasan kira turut meningkat.

Baca Juga: Baru 3 Provinsi Bebas Stunting, KKP Gencar Kampanye Makan Ikan

Untuk itu, hal ini terus digalakkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. Bahkan, target makan ikan per kapita yang ditetapkan oleh KKP pada tahun ini mencapai 54 kg per kapita.

"Target makan ikan kita tahun 2019 itu per kapitanya mencapai 54 kg, saat ini per Oktober baru 50,49 kg. Semoga target ini bisa tercapai dengan semangat," ungkap Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Agus Suherman di Monas, Jakarta, Minggu (24/11/2019).

Baca Juga: Tak Lagi Jadi Menteri, Intip Serunya Susi Pudjiastuti Makan Ikan di Pantai

Selain itu, Agus juga turut mengatakan alasan di balik penggalakan program konsumsi ikan ini. Dia menyatakan kalau ikan memiliki kandungan yang bagus untuk gizi.

"Kita tahu kandungan makan ikan seperti omega 3 cukup bagus untuk gizi. Ini sangat penting bagi kita, bagi masyarakat Indonesia," ujarnya.

 Konsumsi Ikan

Kemudian, Agus juga mengungkapkan kalau target konsumsi ikan per kapita akan meningkat pada tahun depan. Terutama bagi anak usia dini, menurutnya sangat penting bagi anak sejak dini mengetahui pentingnya mengkonsumsi ikan.

"Untuk 2020 kita mengincar angka 56 kg perkapita. Sejak usia dini mereka harus mengenal, tahu mengonsumsi ikan itu untuk kecerdasan, kesehatan, dan kekuatan mereka," ucap Agus.

Perlu diketahui, saat ini KKP sedang menggelar Festival Perikanan Nusantara di Monas hari ini. Di sana, kegiatan lomba kostum, makan ikan gratis, hingga cek kesehatan tulang sedang dilaksanakan.

 

Makan Ikan Gratis

Dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional (Harkannas), Kementerian Kelautan dan Perikanan mengadakan Festival Perikanan Nusantara hari ini. Adapun lokasi yang dijadikan basis dari festival ini berada di sisi timur Monumen Nasional (Monas), Jakarta.

Berdasarkan pantauan Okezone, Minggu (24/11/2019), ratusan orang tampak turut meramaikan festival ini. Pasalnya, akan diadakan pertunjukan lomba parade kostum ikan, gerak dan lagu Himpaudi, pemeriksaan gratis kesehatan tulang, hingga makan ikan gratis di sini.

Kreativitas para peserta pun terlihat dari kostumnya masing-masing. Mereka semua menggunakan kostum yang terbuat dari plastik, kardus, kaset, serta gabus. Selain itu, kostum yang dikenakan pun berkaitan dengan kelautan, ada yang memakai kostum ikan, udang, dan kura-kura.

 Ikan

Namun, sayangnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selaku tuan rumah batal menghadiri acara ini. Untuk itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian DKI Jakarta Darjamuni mewakilinya.

"Beliau menyampaikan salam hormat pada kita semua, dan dia berterimakasih karena memberi kesempatan pada DKI untuk jadi tuan rumah," ujar Darjamuni.

"Festival ini bagus karena bisa meningkatkan konsumsi ikan di Jakarta dan mengenalkan ikan kepada anak-anak di usia dini," tambahnya.

Pada kesempatan kali ini, Himpaudi turut mengirim seluruh perwakilannya dari 34 provinsi. Bahkan, mereka mengaku ingin menggelorakan diri untuk perikanan.

"34 provinsi ikuti festival ini. Pada 2015 kami mendapatkan MURI rekor dunia kerjasama dengan KKP dalam rangka gemar ikan. Indonesia cerdas ke depan karena makan ikan. Kami gelorakan makan ikan di seluruh indonesia," Ketua Umum Himpaudi Netti Herawati.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini