nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harga Disubsidi, Kok Masyarakat Masih Tak Mau Makan Ikan?

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Minggu 24 November 2019 12:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 24 320 2133780 harga-disubsidi-kok-masyarakat-masih-tak-mau-makan-ikan-bkIEMlfVBS.jpg Ikan (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Target yang ditetapkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk tingkat konsumsi ikan per kapita tahun ini cukup tinggi yakni 54 kg per kapita.

Baca Juga: Konsumsi Ikan Masyarakat RI Baru 50,49 Kg, Belum Capai Target

Dengan demikian, KKP terus menggalakkan program makan ikan kepada masyarakat tiada hentinya, apalagi target konsumsi ikan per Oktober 2019 baru tercapai 50,49 kg per kapita.

Untuk itu, segala upaya harus dilakukan untuk memenuhi target tersebut di penghujung tahun 2019 ini. Apalagi soal harga, pasalnya, harga ikan juga menjadi salah satu faktor penentu dari tingkat pembelian ikan di kalangan masyarakat.

Baca Juga: Tak Lagi Jadi Menteri, Intip Serunya Susi Pudjiastuti Makan Ikan di Pantai

"Kalau sampai hari ini, harga ikan kita relatif tidak mahal dan bisa di-accept masyarakat, baik ikan tawar ataupun ikan laut," ujar Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Agus Suherman di Monas, Jakarta, Minggu (24/11/2019).

 Ikan

Bahkan, pemerintah saat ini memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengonsumsi ikan dengan menyediakan subsidi. Bagaimana tidak, masyarakat jadi bisa membeli ikan dengan hanya seharga Rp13.000 dari harga aslinya yakni Rp38.000.

"Selain melakukan gerakan ikan, kami memberikan ikan subsidi. Ikan itu dipatok Rp13.000 padahal belinya Rp38.000. Sisanya itu diberikan subsidi oleh gubernur," katanya.

"Mudah-mudahan ini bisa dimanfaatkan mereka untuk meningkatkan konsumsi makan ikan di Indonesia," tambah Agus.

Lebih-lebih, pemerintah juga telah memastikan bahwa masyarakat tidak akan kesulitan dalam mencari ikan. Saat ini, menurut Agus, pasar ikan sudah ada di mana-mana, mulai dari Jakarta, Bandung, hingga Palembang.

"Pasar-pasar ikan juga kita hadirkan di tengah kota. Di Muara Baru misalnya, itu ada pasar ikan modern. Lalu ada juga di Palembang, di Bandung," tuturnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini