nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Bisnis Ala Steve Jobs, Cinta Jadi Salah Satunya

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Sabtu 30 November 2019 17:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 24 320 2133892 tips-bisnis-ala-steve-jobs-cinta-jadi-salah-satunya-AMuSBNhLfz.jpg Steve Jobs (Reuters)

JAKARTA - Siapa yang tak mengetahui Steve Jobs? Mantan CEO Apple Inc ini merupakan inspirasi yang luar biasa dalam dunia bisnis terutama sector teknologi hingga saat ini.

Jobs selalu fokus membangun produk yang sempurna dan berusaha melakukan apa yang orang lain pikir tidak akan pernah bisa dilakukan. Melalui kesuksesan itulah, banyak pelajaran yang dapat diambil dan diterapkan dalam kehidupan.

Melansir Wealthy Gorilla, Jakarta, Sabtu (30/11/2019), berikut ini beberapa tips sukses berdasarkan kisah perjalanan karir Steve Jobs.

 Baca juga: Pekerja Wanita Bikin Harga Saham Perseroan Moncer, Ini Buktinya!

Steve Jobs

1. Fokus pada Satu Produk

Jobs selalu fokus pada suatu produk dan akan melakukan apa saja untuk mencoba membuatnya sesempurna mungkin. Dia memiliki visi tentang produk yang ingin dia bangun, dan itulah yang ingin dia capai.

Jika produk yagn kamu miliki berkualitas buruk atau bahkan biasa-biasa saja, itu tidak akan menonjol bagi siapa pun. Mungkin kamu dapat melakukan penjualan yang baik hanya dengan teknik pemasaran yang baik pula.

 Baca juga: Semua Orang Adalah CEO, Ini Buktinya!

Jika kamu berfokus pada keuntungan, maka kamu akan cenderung melakukan penghematan pada produk. Namun, jika kamu benar-benar fokus untuk membuat produk yang benar-benar hebat, maka keuntungan akan selalu mengikutimu.

 Steve Jobs

2. Harus Tekun

Menjadi pemimpin yang sukses di bidangnya, serta membangun bisnis yang sukses tentu membutuhkan ketekunan. Hal ini tentu bukanlah hal termudah untuk dilakukan, jika tidak maka semua orang akan memiliki bisnisnya sendiri.

 Baca juga: Kiat Sukses Bernegosiasi ala Wirausahaan, Nada Bicara Jadi Salah Satunya!

Jobs menderita selama perjalanannya untuk membangun Apple seperti sekarang ini. Ada beberapa masa sulit yang harus dilaluinya, termasuk meninggalkan Apple untuk waktu yang singkat.

Jadi, tidak peduli seberapa jauh kamu melangkah, betapa sulitnya rintangan yang dihadapi, kuncinya adalah menjadi tetap gigih. Jobs menegaskan, sekitar setengah dari apa yang memisahkan pengusaha sukses dari yang tidak sukses adalah sebuah ketekunan.

3. Jangan Berhenti Berinovasi

Apple berada di garis depan inovasi ketika datang ke pasar teknologi. Jobs selalu berusaha menciptakan sesuatu yang baru yang bisa ditambahkannya untuk membuat Apple unggul diatas yang lainnya.

Inovasi adalah kunci untuk pertumbuhan. Jika kamu tidak dapat berinovasi di lingkungan bisnis, sangat mudah bagi orang lain untuk datang dan mengalahkanmu.

Steve Jobs

4. Percaya pada Diri Sendiri

Salah satu kutipan paling terkenal yang dikatakan Steve Jobs adalah bahwa kamu tidak dapat menghubungkan titik-titik dengan melihat ke depan. Kamu hanya dapat menghubungkannya dengan melihat ke belakang.

Hal itu berarti kamu hanya harus percaya pada diri sendiri dan memiliki keyakinan bahwa titik-titik itu akan terhubung di masa depan. Jika kamu memiliki keyakinan bahwa segala sesuatunya akan berhasil, maka usaha yang kamu berikan akan jauh lebih tinggi, dan kamu akan bekerja lebih keras.

5. Cintai Apa yang Kamu Lakukan

Mungkin mencintai apa yang dilakukan dalam pekerjaan bukan satu-satunya cara untuk menjadi sukses. Sebab masih banyak orang akan bekerja keras untuk hal yang tidak mereka sukai.

Banyak upaya yang dilakukan untuk bertahan dalam mengerjakan apa yang tidak seseorang sukai. Salah satunya godaan besar untuk berhenti ketika segala sesuatunya menjadi sulit.

Di sisi lain, berusaha untuk berhasil pada sesuatu yang Anda sukai, tidaklah sulit. Kamu akan melakukannya setiap hari dengan bahagia, dan secara alami menjadi lebih baik seiring waktu.

6. Berikan Usaha yang Terbaik

Apapun yang kamu lakukan, berikanlah usaha terbesar yang bisa kamu hasilkan. Terutama ketika kamu berada di dunia yang cukup sulit untuk bisa muncul ke permukaan.

Dengan berusaha lebih dari yang bisa orang lakukan, pasti akan memberimu keuntungan lebih dari mereka yang hanya setengah melakukannya.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini