nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PLN Singgung Sekring dengan Asmara, Netizen Minta Kepastian

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Senin 25 November 2019 11:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 25 320 2134055 pln-singgung-sekring-dengan-asmara-netizen-minta-kepastian-jWCFC3GbMc.png Sekring (Foto: Instagram)

JAKARTA - Energi listrik merupakan salah satu yang terpenting bagi kehidupan manusia. Tidak dapat dipungkiri bahwa di zaman modern ini hampir semua kegiatan manusia memerlukan energi listrik.

Mulai dari menyalakan lampu, mengoperasikan peralatan elektronik, dan masih banyak hal lainnya yang ditunjang dengan adanya energi listrik. Tak heran, saat ini manusia menjadi bergantung pada energi yang satu ini.

Baca Juga: Diajak Hemat Energi, Netizen Salfok Minta Tips agar Tagihan Listrik Turun

Namun, tahukah kamu apa manfaat dari peralatan-peralatan listrik yang ada di rumah? Meskipun menggunakan energi listrik setiap hari, tak banyak yang benar-benar mengetahui apa fungsi dan manfaat dari peralatan kelistrikan, salah satunya sekring.

Mengenai hal tersebut, PT PLN (Persero) memberikan penjelasan mengenai fungsi dan cara kerja dari sekring.

Mengutip dari akun resmi Instagram PLN, Jakarta, Senin (25/11/2019), sekring adalah suatu alat yang digunakan sebagai pengaman dalam suatu rangkaian listrik apabila terjadi kelebihan muatan listrik atau suatu hubungan arus pendek.

Baca Juga: Tarif Listrik Golongan 900 Va Dipastikan Naik pada 2020

Penjelasan itu disampaikan PLN melalui akun Instagramnya bertepatan dengan momen malam Minggu. Uniknya, pada akhir penjelasannya, PLN menyelipkan analogi cara kerja listrik dengan masalah hubungan.

"Nah, kayak kalian yang tiba-tiba diputuskan, bisa jadi hubungannya hanya arus pendek. Karena hubungan arus panjang biasanya berakhir di pelaminan. Jadi mempelai ya Gaes, bukan tamu undangan," ujar PLN.

Sementara itu, cara kerja sekring sebenarnya dapat digambarkan seperti ketika terjadi kelebihan muatan listrik atau terjadi hubungan arus pendek, maka secara otomatis sekring tersebut akan memutuskan aliran listrik. Sehingga hal itu tidak akan menyebabkan kerusakan pada komponen yang lain.

"Baru sekring, tapi langsung ditutup. Salah sambung? Atau hubungan kalian yang sebenernya nggak pernah nyambung?," tulis PLN.

Sontak unggahan tersebut memancing perhatian warganet yang langsung memberikan komentarnya. Adapun komentar yang diberikan sebagai berikut:

@y*sn*m*wl: "Pakai sekring bisa putus, rasanya seperti digantung, langsung aja regulasi arusnya, kasih kepastian"

@*l*l*sm*: "Apakah kalo sekringnya konslet trus rusak artinya muatan rasa terlalu berharap yg terlampau besar?"

@f*r**lh*d*11: "Yang sudah putus Bisa di akalin pakai kawat tembaga serabut tapi sangat beresiko bisa kebakaran lebih besar dari menyambung cinta yang sudah putus"

@v*k*r_k*y: "Mimin jomblo ya"

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini