nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Menteri PUPR soal Ciputra yang Bikin Terkesan

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Kamis 28 November 2019 21:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 28 470 2135735 kisah-menteri-pupr-soal-ciputra-yang-bikin-terkesan-MIj9lc1O7t.jpg Basuki soal Ciputra (Foto: Okezone.com)

SUBANG - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengenang sosok pengusaha properti Ciputra yang telah tutup usia pada Rabu 27 November di Singapura. Menurutnya, teladan Ciputra yang tertanam di dalam pikirannya adalah konsistensi menjadi pengusaha properti.

Baca Juga: Sosok Ciputra di Mata Menlu Retno: Tokoh yang Cinta Seni dan Hidup

Basuki berkisah, saat sempat mengikuti acara yang diselenggarakan Ciputra, Chairman dan Founder Ciputra Grup tersebut menyampaikan tiga hal yang harus dimiliki para entrepreneur. Ketiganya adalah disiplin, konsisten, dan dedikasi.

"Ketiga hal itu beliau sampaikan, dan saya terima. Saya terkesan sekali dengan beliau," ujar Basuki ketika ditemui saat meninjau proyek Jalan Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Kamis (28/11/2019).

Baca Juga: Anies Kenang Ciputra: Bangun Ancol hingga Pasar Senen

Menurutnya, ketiga hal tersebut memang telah dimiliki oleh Ciputra sebagai seorang pengusaha. Terlebih soal konsisten menjadi pengusaha properti.

Basuki menyatakan, selama masa hidup Ciputra selalu mendedikasikan dirinya di sektor properti, utamanya di perumahan rakyat. Tidak mencoba untuk pindah ranah bisnis ke infrastruktur seperti pelabuhan maupun jalan tol, yang memang tengah gencar dilakukan pembangunannya.

"Jadi konsisten kalau di properti yah properti. Dia bangun perumahan seperti di Bintaro, Maja, dia juga bangun Ancol. Jadi memang mewarnai pengembang properti, khususnya pemukiman. Konsisten di sana terus," ungkapnya.

 Ciputra

Sekadar diketahui, Ciputra menghembuskan nafas terakhir di Singapura pada pukul 01.05 waktu setempat di usia yang ke-88 tahun. Jenazahnya telah tiba di Indonesia dan disemayamkannya di Artpreneur Ciputra World 1, Kuningan, Jakarta.

Rencananya, jenazah Ciputra akan dimakamkan di Cileungsi, Bogor, Jawa barat. Adapun tanggal dari dilaksanakan pemakamannya adalah pada tanggal 5 Desember 2019.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini