nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lepas Stok 20.000 Ton Beras yang Turun Mutu, Ini Skema Dirut Bulog

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 03 Desember 2019 12:53 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 03 320 2137335 lepas-stok-20-000-ton-beras-yang-turun-mutu-ini-skema-dirut-bulog-j6VAPkFwu8.jpg Stok Beras. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Perum Bulog akan melepas stok beras yang sudah mengalami turun mutu sebanyak 20.000 ton cadangan beras pemerintah (CBP).

Terkait hal itu, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas), mengatakan bahwa pihaknya mempunyai skema untuk beras yang turun mutu itu, tanpa harus dimusnahkan.

Baca Juga: Banjir dan BPNT, Penyebab 20.000 Ton Beras Bulog Turun Mutu

"Jadi, ada beberapa alternatif pemanfaatan beras tersebut. Seperti dijual dengan harga murah, apabila dinyatakan masih layak konsumsi," ujar dia di kantornya, Selasa (3/12/2019).

Kemudian, lanjut dia, beras itu bisa dialih fungsikan menjadi tepung atau pakan ternak. Dan apabila memang tak layak konsumsi. "Maka beras tersebut dapat diolah jadi ethanol," ungkap dia.

Dia menuturkan, mekanisme di atas dapat dilakukan dengan cara lelang. Di mana pemenang lelang yang akan memproses pengalihan fungsi tersebut.

beras

"Contohnya lelang mau jadi tepung, ya harus jadi tepung. Apabila lelang menjadi pakan ya harus jadi pakan," tutur dia.

Dia menambahkan pihaknya akan menerima hasil lelang yang lebih rendah dari harga seharusnya. Selanjutnya akan meminta uang selisih penjualan kepada pemerintah.

"Jadi, kami akan minta ganti uang selisih penjualan kepada pemerintah. Nanti kita lapor negara uang lelang sekian. Nantinya tinggal minta selisihnya," pungkas dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini