Mentan: Stok Beras Aman untuk Nataru

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Kamis 12 Desember 2019 10:46 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 12 320 2140967 mentan-stok-beras-aman-untuk-nataru-qH6SqNSuXz.jpg Ilustasi Beras (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Pertanian mengatakan bahwa stok beras untuk Nataru dipastikan akan tercukupi. Berdasarkan foto yang diunggah Kementan, cadangan beras diperkirakan mencapai 4,7 juta ton untuk bulan ini, mengingat akan terjadi libur panjang mulai dari Natal hingga tahun baru.

"SobaTani, Kementerian Pertanian memastikan stok beras selama periode Natal dan tahun baru aman #panganuntuknegeri #pertanianindonesiamaju," tulis Kementerian Pertanian melalui akun Instagram-nya yang dilansir pada Kamis (12/12/2019).

Baca juga: Rapat Bahas Beras, Jokowi Minta Data yang Akurat dan Terkonsolidasi

Kementan menyatakan, bahwa diprediksikan stok beras baru sebanyak 4,84 juta ton untuk periode Januari hingga April 2020. Pada Januari 2020, diperkirakan ada stok beras sebanyak 16 ribu ton.

Lalu stok beras diprediksikan mencapai 576 ribu ton pada Februari 2020, lebih banyak daripada bulan sebelumnya. Sedangkan pada bulan Maret hingga April 2020 stok beras baru sebanyak 4,25 juta ton.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan beras yang cukup untuk libur panjang kali ini.

beras

"Kebutuhan Natal dan tahun baru saya pastikan aman. Kami juga sudah mengantisipasi dan melakukan validasai data dan kesiapan-kesiapan panen," ujar Menteri Syahrul.

Seperti yang kita ketahui saat menjelang Nataru, harga pangan dikabarkan menaik. Namun, harga beras di pasaran tidak terlalu menaik dengan tajam, masih terjangkau.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini