nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Antisipasi Beras Busuk, Bulog Harus Punya Sistem Penyimpanan yang Baik

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 12 Desember 2019 15:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 12 320 2141113 antisipasi-beras-busuk-bulog-harus-punya-sistem-penyimpanan-yang-baik-WigNB3ttfO.jpg Ilustasi Beras (Foto: Okezone)

JAKARTA - Perum Bulog akan melepas stok beras yang sudah mengalami turun mutu sebanyak 20.000 ton cadangan beras pemerintah (CBP). Turunnya kualitas beras diduga karena tidak ada sistem penyimpanan yang baik di Bulog.

Chairman Institute for Foods and Agriculture Development Studies (IFADS) Iskandar Andi Nuhung mengatakan, mengelola cadangan pangan khususnya beras dengan baik itu, harus mempunyai sistem penyimpanan yang baik.

Baca juga: Rapat Bahas Beras, Jokowi Minta Data yang Akurat dan Terkonsolidasi

"Seperti udara diperhatikan, kemudian masuknya hama harus dicegah. Agar beras tersebut tidak turunkan mutu," ujar dia di Seribu Rasa Jakarta, Kamis (12/12/2019).

Dia menjelaskan, Indonesia ini negara kepulauan dengan tingkat sosial yang berbeda-beda. Maka itu, cadangan beras mesti ada. Pasalnya dengan banyaknya peristiwa gempa dan banjir cadangan pangan harus dipersiapkan.

 beras

"Jadi, kita harus perkuat cadangan pangan termasuk beras oleh karena itu infrastruktur yang membuat cadangan itu harus terbaik," ungkap dia.

Sebelumnya, Perum Bulog menyebut ada beberapa alasan yang menyebabkan stok 20.000 ton cadangan beras pemerintah (CBP) yang turun mutu. Stok tersebut telah disimpan atau tak disalurkan lebih dari empat bulan.

Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Tri Wahyudi mengatakan bahwa salah satu faktor penyebab beras turun mutu karena ada di satu daerah mengalami banjir.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini