nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bandara Internasional Yogyakarta Beroperasi Penuh 29 April 2020

Kuntadi, Jurnalis · Sabtu 14 Desember 2019 17:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 14 320 2141831 bandara-internasional-yogyakarta-beroperasi-penuh-29-april-2020-ljYlkP6Xv1.jpg Bandara Internasional Yogyakarta. (Foto: Okezone.com/Dok. Angkasa Pura I)

YOGYAKARTA - Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YiA) yang terletak di Kabupaten Kulonprogo, DIY, memiliki peran strategis bagi perekonomian Yogyakarta maupun nasional. Kehadiran bandara ini, tidak hanya menyelesaikan permasalahan keterbatasan Bandara Adisutjipto saja, namun juga menjadi pintu utama masuknya wisatawan asing ke Indonesia.

“Jadi bandara ini akan menjadikan DIY lebih istimewa," jelas Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam Forum Group Discusion (FGD) yang Yogyakarta, Jumat (13/12/3019).

Baca Juga: Bandara Baru Yogyakarta Ditargetkan Selesai Akhir Tahun

Bandara YIA, kata Faik, akan menyelesaikan banyak hal yang selama ini berlarut-larut dan tidak terselesaikan. Mulai tidak tercapainya kunjungan turis asing, menghambat transportasi udara ke tempat lain hingga alasan keamanan penerbangan dan kepadatan penerbangan di Adisutjipto, Yogyakarta.

Bandara Internasional Yogyakarta

“Adisutjipto itu sudah tidak memadai, dari kapasitas 1,7 juta penumpang per tahu saat ini sudah 8,4 juta penumpang,” jelas Faik.

Semestinya, kehadiran bandara YIA, ini sudah harus ada pada 5 atau 10 tahun yang lalu. Karena kepadatan penerbangan, emnjadikans etiap akhir pekan, penerbangan ke Yogyakarta harus tertahan di atas DIY selama setengah jam menunggu parkin stand pesawat. Hal ini menjadikan unsur keamanan dan keselamatan penerbangan menjadi tidak maksimal.

Baca Juga: Pembangunan Bandara YIA Dinilai Sangat Cepat

Bandara YIA, memiliki panjang runway hingga 3.250 meter, sehingga bandara ini bisa didarati pesawat berukuran besar. Hal ini menjadi daya tari bagi sejumlah maskapai dari luar negeri tertarik membuka rute penerbangan langsung ke YIA.

“Kalau banyak maskapai asing pertumbuhan ekonomi akan semakin bagus, turis asing juga meningkat,” jelasnya.

Presiden, saat ini telah menargetkan kunjungan turis asing di Yogyakarta sebanyak 20 juta orang per tahun. Namun belakangan ini turis asing semakin tidak Nampak. Mereka yang datang ke Indonesia masuk melalui Bali dan Jakarta.

Bandara ini nantinya juga akan diintegrasikan dengan moda transportasi yang lain. Salah satunya akan berhubungan langsung dengan kereta api. Nantinya akan ada stasiun bandara yang targetnya bisa diselesaikan tahun depan. Selama ini akses ke bandara juga sudah terhubung dengan damri ataupun sutle bus. Sedangkan penumpang kereta saat ini turun di Stasiun wojo dan berganti dengan bus yang sudah disiapkan.

”Ketika nanti sudah full, akses ke bandara juga akan didukung dengan jalan tol,” terangnya.

Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I Devi Suradji mengatakan, saat ini bandara YIA sudah melayani rute penerbangan domestik. Setidaknya sudah ada 34 izin yang diberikan kepada empat maskapai, Lion Air, Batik Air, Garuda dan Citilink. Kedepan ada sekitar 170 penerbangan yang akan dipindah dari Adisutjipto ke YIA.

“Target kita pada 29 April bandara ini sudah full operation, baik domestik maupun internasional,” jelasnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini