nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PLBN Ini Akan Dibangun dengan Infrastruktur Lengkap, dari Jalan hingga Air Bersih

Vania Halim, Jurnalis · Minggu 15 Desember 2019 18:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 15 470 2142148 plbn-ini-akan-dibangun-dengan-infrastruktur-lengkap-dari-jalan-hingga-air-bersih-cdb2tqpqhv.jpg PLBN (Foto: Ist)

JAKARTA - Tak hanya di wilayah perkotaan, Kementerian PUPR juga melakukan pembangunan pinggiran Indonesia di wilayah perbatasan dengan menjadikan pos lintas batas negara (PLBN) sebagai beranda depan Indonesia yang membanggakan sebagai sebuah bangsa besar.

Melansir dari Instagram kemenpupr, Minggu (15/12/2019) akan dibangun total tujuh PLBN ke tahap selanjutnya yaitu di Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Provinsi Papua, Provinsi Kalimantan Timur.

Baca Juga: Dulu Daerah Rawan, Kini Pembangunan di Perbatasan Dikebut

Sebagai bentuk keterpaduan pembangunan, tak hanya dibangun infrastruktur di kawasan inti PLBN, namun juga dibangun jalan paralel perbatasan, drainase, pengelolaan sampah, dan penyediaan air bersih, termasuk juga pasar yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Salah satu contoh keterpaduan pembangunan infrastruktur PLBN terdapat pada PLBN Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Baca Juga: Gelontorkan Rp780 Miliar demi 4 PLBN

Pembangunan Pos Lintas Batas Negara ini juga disertai dengan pembangunan infrastruktur permukiman di kawasan Entikong, terutama Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) 90 liter/detik antara lain untuk melayani 2.850 Sambungan Rumah.

Kemudian ada juga pengadaan dan pemasangan septictank komunal kapasitas sebanyak 38 unit untuk menambah layanan sanitasi. (dni)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini