nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berawal dari Garasi Rumah, 5 Perusahaan Teknologi Ini Sekarang Mendunia

Hairunnisa, Jurnalis · Selasa 24 Desember 2019 19:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 24 320 2145632 berawal-dari-garasi-rumah-5-perusahaan-teknologi-ini-sekarang-mendunia-2OQamB9Pe7.jpg Garasi (Foto: Business Insider)

JAKARTA - Biasanya ide-ide yang cemerlang selalu muncul di lokasi yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Hal ini pun dibuktikan oleh lima perusahaan yang menjelma menjadi besar seperti Google, Apple, HP, Microsoft, dan Amazon.

Kisah yang bermula dari garasi ini menjadi cerita menarik untuk didengar, karena dari garasi inilah muncul sebuah ide yang kemudian menghasilkan keuntungan sampai bernilai miliaran.

Baca Juga: Daftar 10 Perusahaan Terbesar di Dunia, Nomor 1 dari China

Terkendala biaya mungkin menjadi salah satu alasan mengapa perusahaan-perusahaan besar ini berawal di garasi rumah.

Mengutip dari Businessinsider, berikut ini adalah 5 perusahaan besar yang berasal dari garasi rumah, Selasa (24/12/2019).

1. Google

Pendiri Google yaitu Larry Page dan Sergey Brin menyewa sebuah garasi di Kota Menlo Park, California di tahun 1998. Garasi yang harga sewa per bulannya mencapai USD1.700 ini atau mencapai Rp23,7 juta (dalam kurs Rp14.000) ini merupakan milik CEO Youtube Susan Wojcicki.

Pada 2018 kemarin, untuk merayakan hari jadinya yang ke-20 tahun Google membuat garasi ulang dan membiarkan penggemar Google berkunjung ke sana.

 Garasi

2. Apple

Garasi yang berada di Los Altos, California ini merupakan rumah masa kecil dari salah satu pendirinya yaitu Steve Jobs.

Pada tahun 2013 ini Los Altos Historical Commission menetapkan rumah itu sebagai situs yang bersejarah. Meskipun Steve Mozniak mengatakan, di garasi tersebut dia dan Jobs hanya bertukar pikiran dan tidak membuat desain dan merencanakan pembuatan produk di sana.

3. HP

Sudah hampir lebih dari 80 tahun yang lalu, Bill Helwat dan David mendirikan HP di garasi milik David yang berada di kota Palo Alto.

Pada tahun 1987, tempat ini dijadikan sebagai situs sejarah dan HP pun membeli properti pada tahun 2000 sebesar USD1,7 juta atau sekitar Rp23,7 miliar.

 Garasi

4. Microsoft

Pada masa awal-awal perusahaannya, Bill Gates dan Paul Allen bekerja mendirikan Microsoft di sebuah garasi yang terletak di Kota Albuquerque, California dan menjadikan Sundowner Motel sebagai salah satu tempat tinggal sementara. Di tempat inilah menulis bahasa versi pemrograman BASIC.

Pada tahun 2013, motel tersebut pun dibangun kembali menjadi perumahan.

5. Amazon

Jeff Bezos memulai Amazon di Bellevue, Washington. Di mana Bezos dan istrinya saat itu MacKenzie Bezos menyewa dengan harga USD890 atau sekitar Rp12 juta per bulan.

Kemudian, rumah ini dijual pada tahun ini dengan harga lebih dari USD1,5 juta atau sekitar Rp2,1 triliun, tetapi itu bukan rumah yang sama persis dengan yang dulu Bezos tempati. Sebab, rumah tersebut sudah direnovasi pada 2001 lalu. Kesamaan yang tersisa dari rumah tersebut hanyalah sebuah kotak surat.

 Garasi

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini