nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wabah Babi Afrika, Mentan akan Isolasi Daerah Terjangkit

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 25 Desember 2019 15:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 25 320 2145930 wabah-babi-afrika-mentan-akan-isolasi-daerah-terjangkit-6JBg3RPsUp.jpg Daging Babi (Reuters)

JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo buka suara terakit wabah demam babi yang melanda Afrika. Menurut Syahril, pihaknya langsung melakukan tindakan-tindakan pencegahan untuk mengantisipasi wabah tersebut.

Salah satunya adalah dengan mengisolasi daerah-daerah yang terjangkit dengan wabah demam babi Afrika ini. Nantinya, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan dinas pertanian di daerah-daerah.

 Baca juga: Populasi Babi Terancam akibat Kolera, Sumut Berpotensi Rugi Rp4 Triliun

Jika nantinya ditemukan babi yang terjangkit wabah, dirinya meminta kepada pemerintah daerah untuk tidak membiarkan hewan tersebut keluar. Karena jika sampai keluar, bisa menular kepada hewan lainnya.

 Babi

"Isolasi yang paling penting. Isolasi untuk dia (babi) keluar wilayah itu yang kita perketat oleh pemerintah daerah setempat," ujarnya di Komplek Widya Chandra, Jakarta, Rabu (25/12/2019).

 Baca juga: Ayam Petelur Bantuan Pemerintah Tingkatkan Perekonomian Peternak

Di sisi lain, pihaknya meminta kepada jajarannya untuk melakukan pemeriksaan rutin. Selain itu, pihaknya juga akan secara rutin melakukan pemberian vaksin kepada babi-babi di sejumlah daerah.

"Salah satunya dengan mengisolasi daerah yang terjangkit sangat total. Kemudian, daerah lain harus sangat rutin tiap hari harus cek apakah ada virus yang menyangkut," jelasnya.

 Baca juga: Sapi Dominasi Investasi Peternakan, Nilainya Tak Terduga

Sebagai informasi, wabah babi Afrika tengah marak terjadi di sejumlah daerah di Sumatra Utara. Wabah itu disebut juga sebagai African Swine Fever (ASF).

Wabah tersebut menyebabkan banyak babi mati. Kementan hingga saat ini telah menyediakan 102 posko darurat untuk mengatasi wabah tersebut.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini