Masih Mati Lampu, Erick Thohir: Takutnya Kayak di Viral, Pegang Listrik Pada Jatuh

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 05 Januari 2020 15:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 05 320 2149497 masih-mati-lampu-erick-thohir-takutnya-kayak-di-viral-pegang-listrik-pada-jatuh-ZjaIXI2RDu.jpg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir buka suara terkait belum semuannya daerah yang terdampak banjir sudah teraliri listrik. Karena memang, di beberapa daerah di wilayah Jabodetabek masih ada yang listriknya mati.

Menurut Erick Thohir, alasan mengapa daerah tersebut belum teraliri listirk karena ditakutkan akan membahayak masyrakat. Karena beberapa daerah yang belum dialiri listrik ini justru masih ada genangan banjir.

"Tergantung daerah yang tergenang. Karena enggak mungkin juga kita menyalakan listrik kalau daerah itu tidak siap. Malah takutnya kaya kemaren viral tuh orang megang tiang listrik pada jatuh," ujarnya saat ditemui di GOR Cengkareng, Jakarta, Minggu (5/1/2020).

Oleh karenanya, Erick meminta kepada masyrakat untuk bersabar karena PLN pasti akan segera mengaliri listrik jika situasinya sudah aman. Apalagi saat ini, gardu listrik yang sempat terendam saat ini telah berangsur pulih, dari yang jumlahnya ribuan dan saat ini sekitar 12 gardu.

"Saya rasa sekarang sudah berangsur mulai sedikit seperti juga gardu listrik. Tadinya ribuan sekarang tinggal empat persen yang masih padam," kata dia.

Nantinya pun ketika menyalakan kembali aliran listrik, PLN akan melakukannya secara bertahap. Sebab sebelum menyalakan aliran listrik, PLN perlu memastikan bahwa gardu, jaringan, dan instalasi pelanggan aman.

"Ini sekali lagi kenapa padam? Karena nomor satu menjaga keselamatan juga, karena banjir sendiri yang namanya listrik itu sangat berbahaya, makanya kita padamkan," ucap Erick

Sebelumnya, Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, Perseroan akan menyalakan aliran listrik setelah penandatanganan berita acara dengan Ketua RT/RW atau tokoh masyarakat setempat yang menyatakan instalasi listrik di rumah warga aman.

Oleh karena itu, PLN akan melakukan inspeksi, pembersihan, pengeringan, dan pengecekan gardu distribusi yang terkena dampak banjir terlebih dahulu.

“Dari sisi pasokan tidak ada masalah. Namun, kami mohon maaf karena terpaksa harus memadamkan aliran listrik sementara demi keamanan warga,” ucapnya beberapa waktu lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini