nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Medan Punya 2 Pelabuhan, Menhub Harapkan Volume Perdagangan Naik

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Senin 06 Januari 2020 10:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 06 320 2149674 medan-punya-2-pelabuhan-menhub-harapkan-volume-perdagangan-naik-E6RdXpfKj4.jpg Pelabuhan (Okezone)

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengunjungi dua pelabuhan di Sumatera Utara, yaitu Pelabuhan Belawan dan Pelabuhan Kuala Tanjung. Dia mengunggah dirinya selama di pelabuhan tersebut.

Budi Karya datang ke sana untuk meninjau pembangunan Terminal Peti Kemas di Pelabuhan Belawan. Selain itu, dia datang ke Pelabuhan Kuala Tanjung untuk membahas peran dan fungsi pelabuhan ini ke depannya.

 Baca juga: Operasional Pelabuhan Patimban Berpotensi Mundur Jadi September 2020

Berdasarkan unggahannya, pengembangan Pelabuhan Belawan dilakukannya bekerja sama dengan PT Pelindo I.

 Pelabuhan

"Sekarang di Medan, kita punya dua pelabuhan yaitu Pelabuhan Belawan dan Kuala Tanjung. Untuk Belawan, ada beberapa hal yang akan dilakukan, yaitu kita lakukan KSP (Kerja Sama Pemanfaatan) dengan Pelindo I untuk dikembangkan," tulis Budi Karya yang dilansir dari akun Instagramnya pada Senin (6/1/2020).

 Baca juga: Presiden Jokowi Ingin Patimban Jadi Pelabuhan untuk Ekspor Automotif

Budi berharap, dengan pengembangan pembangunan di Pelabuhan Belawan dapat membuat volume perdagangan akan meningkat ke depannya. Hal ini dikarenakan kapasitas yang diperbesar serta lokasi yang strategis.

Budi menambahkan, lokasi Pelabuhan Kuala Tanjung strategis. Apalagi di selat Malaka sudah disediakan jalan tol dan jalan kereta api.

 Baca juga: Baru 55,8%, Menteri PUPR Minta Proyek Jalan Pelabuhan Patimban Selesai April 2020

Maka dari itu, sayang jika pelabuhan itu hanya berfungsi sebagai transitment. Dia ingin pelabuhan ini didukung oleh suatu industri.

Nantinya, Pelabuhan Kuala Tanjung terdapat dua fungsi, yaitu sebagai transhipment dan destinasi ke Kuala Tanjung.

"Sekarang kita akan mengkombinasikan Kuala Tanjung itu atas dua fungsi. Satu sebagai transhipment dan satu lagi sebagai destinasi dari dan menuju Kuala Tanjung," tulisnya.

Berdasarkan cuitannya, Pemerintah Daerah (Pemda) juga turut serta membantu dalam pengembangan ini, yaitu dengan penyelesaian pembebasan tanah. Dia berharap agar pemerintah pusat, penerintah daerah, BUMN, perusahaan swasta dan pusat ini saling bekerja sama dalam mensukseskan pembangunan di kedua pelabuhan tersebut.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini