nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cuaca Ekstrim, Masyarakat Diimbau Siapkan Stok Pangan

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 06 Januari 2020 11:49 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 06 320 2149720 cuaca-ekstrim-masyarakat-diimbau-belanja-lebih-banyak-s4dorKVEm2.jpg Ilustrasi Belanja Kebutuhan Pokok. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Masyarakat disarankan untuk menyiapkan kebutuhan ekstra di tengah kondisi cuaca saat ini. Di mana hujan dengan intensitas tinggi masih terjadi untuk wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang- Bekasi (Jabodetabek) dalam beberapa hari ke depan.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey mengatakan, kondisi cuaca sulit diprediksi apalagi bila intensitas hujan tinggi yang bisa membuat banjir. Untuk itu ada baiknya masyarakat berbelanja ekstra.

Baca Juga: Tumpukan Sertifikat Tanah di Kantor Pertanahan Bekasi Terendam Banjir

"Berbelanja ekstra dalam menghadapi cuaca ekstrim. Enggak ada salahnya. Artinya untuk siap siaga sedia payung sebelum hujan," ujarnya saat dihubungi Okezone, Senin (6/1/2020)

Banjir

Apalagi ketika musim hujan, para pengusaha ritel biasannya akan mengurangi stok kebutuhan. Sebab dikhawatirkan stok yang dimiliki terkena banjir pengusaha akan mengalami rugi.

"Biasanya kalau musim gini stok yang kita batasi," kata Roy Mandey.

Baca Juga: Sertifikat Tanah hingga Ijazah Rusak Akibat Banjir, Bisa Diperbaiki di Arsip Nasional

Meskipun begitu, pengusaha ritel akan tetap berusaha untuk terus menyediakan barang-barang yang dibutuhkan masyarakat. Oleh karena itu, saat ini sudah ada beberapa ritel yang sudah membuka kembali tokonya meskipun cuaca masih belum pasti.

Sebelumnya saat banjir melanda ada 3.000 toko yang terkena dampak bencana ini. Namun sehari sesudahnya pada Jumat, 3 Januari 2020, sudah ada 60 ritel yang kembali membuka tokonya meskipun cuaca saat itu masih hujan.

"Jadi itu pun kami berusaha untuk recovery. Dari 3.000 toko yang terdampak banjir per Jumat sudah ada 60 sudah membuka. Selain toko toko yang tidak terdampak banjir. Itu bagian upaya kami untuk hadir untuk memenuhi kebutuhan," jelasnya.

Selain itu, beberapa toko ritel juga tak hanya menjual barang-barang kepada masyarakat. Beberapa ritel juga memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang terkena dampak banjir ini.

"Bahkan selain mengirimkan paket sembako untuk daerah yang terdampak. Jadi kita ini tidak hanya memikirkan komersial atau bisnis tapi kita juga kita peduli pada konsumen. Karena konsumen kita masyarakat sekitarnya," jelasnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini