nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Kapal Vietnam di Natuna Berhasil Ditangkap Secara Dramatis

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Senin 06 Januari 2020 20:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 06 320 2149969 3-kapal-vietnam-di-natuna-berhasil-ditangkap-secara-dramatis-lJbDmitM7Z.jpeg Kapal (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Sebanyak tiga kapal nelayan asal Vietnam berhasil ditangkap di Perairan Natuna, Kepulauan Riau, pada Senin 30 Desember 2019. Saat ini kapal-kapal asing itu berada di Pontianak, Kalimantan Barat, setelah ditangkap secara dramatis.

Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo, dia akan menyambut para anak buah kapal (ABK) yang berhasil melakukan penangkapan ketiga kapal tersebut pada Rabu, 8 Januari 2020 besok. Lantaran, dalam upaya penangkapan sempat terjadi perlawanan sengit.

Baca juga: Menteri Edhy: Menkeu Setuju Kapal Sitaan Asing Dihibahkan ke Nelayan

"Karena terjadi perlawanan yang sangat sengit, rencana mungkin hari Rabu (ke sana), yang pasti semangat mereka berapi-api menjaga kedaulatan," ungkapnya ditemui di Gedung BPK, Jakarta, Senin (6/1/2020).

Dia pun memastikan, sudah ada instruksi dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Ham (Polhukam) Mahfud MD penguatan pengawasan di Perairan Natuna. Meski demikian, Edhy enggan merinci soal penguatan pengawasan yang dilakukan.

"Kan enggak mungkin itu diceritakan ke publik," imbuh dia.

edhy

Dia menyatakan, akan terus melakukan koordinasi dengan sejumlah kementerian terkait untuk menjaga Perairan Natuna dari kapal-kapal nelayan asing.

Terkait rencana ke depan untuk melakukan negosiasi khususnya dengan China terkait klaim Perairan Natuna oleh negara tersebut, Edhy menyatakan, hal terpenting adalah kekompakan seluruh pihak.

"Jangan bicara detil dulu, ini hubungannya dengan keamanan dan kedaulatan negara yang penting tetap cool tidak terpancing, dan yang penting kita semua kompak di seluruh kementerian/lembaga," jelasnya.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini