nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Miliarder Ini Janjikan Rp663 Miliar untuk Kebakaran Hutan Australia

Irene, Jurnalis · Jum'at 10 Januari 2020 16:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 10 320 2151484 miliarder-ini-janjikan-rp663-miliar-untuk-kebakaran-hutan-australia-NyN9MTMmxm.jpg Uang Rupiah. Foto: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Miliarder Andrew Forrest bersama istrinya Nicola menjanjikan uang senilai USD48 juta atau Rp663 miliar (kurs Rp13.804/USD) untuk meningkatkan upaya pemulihan kebakaran hutan hebat yang terjadi di Australia. Kebakaran ini telah menewaskan setidaknya 30 orang dan ratusan juta hewan serta ratusan rumah hancur akibat rekor suhu yang sangat tinggi.

Melansir Forbes, donasi keluarga Forrest ini akan diarahkan dalam beberapa upaya penanganan bencana kebakaran. Sebagian uang akan digunakan untuk merekrut 1.200 pasukan relawan kuat untuk membantu daerah terdampak paling parah. Sementara itu, sebagian besar dana akan dihabiskan untuk membangun "national blueprint" yang bertujuan untuk penanganan kebakaran hutan yang merenggut banyak jiwa ini.

Baca Juga: Kekayaan Keluarga Ferrero di Balik Resep Nutella

Selain itu menurut laporan ABC News, Andrew Forrest sang pengusaha sekaligus dermawan ini sekarang sedang dalam upaya untuk mengumpulkan USD500 juta atau Rp6,9 triliun melalui kampanye global untuk meneliti terkait kebakaran hutan ini.

"Kebakaran dan bencana akan menjadi bagian dari kehidupan kita. Tetapi [ini] adalah untuk dapat memitigasi mereka agar dapat menanggapi mereka dengan segera dan mencegah hilangnya nyawa," kata Andrew dalam keterangannya kepada ABC News, dikutip Okezone, Jumat (10/1/2020).

Kebakaran Hutan

Donasi yang digencarkan oleh Forrests merupakan yang paling besar di antara para selebritas dan tokoh bisnis yang juga ikut dalam aksi peduli bencana ini. Senin lalu aktor Chris Hemsworth mengumumkan keluarganya menyumbang USD1 juta atau Rp13,8 miliar, sama halnya dengan Elton John. Sedangkan komedian Celeste Barber mengumpulkan USD32,5 juta atau Rp448,6 miliar melalui inisiatif crowdfunding Facebook yang baru diluncurkan minggu lalu.

Baca juga: Perusahaan Kosmetik yang Didirikan Kylie Jenner Punya CEO Baru

Sementara itu, Perusahaan Prancis bersama dengan miliarder Prancis Bernard Arnault dan Francois-Henri Pinault terdorong untuk menjaminkan uangnya senilai ratusan juta euro untuk bencana kebakaran Notre Dame yang terjadi di Paris April lalu. Namun hanya sebagian kecil dari uang itu yang benar-benar disumbangkan karena mereka menginginkan gagasan yang lebih baik tentang pemanfaatan uang itu nantinya.

Sebagai informasi, Andrew Forrest memiliki total kekayaan mencapai USD8,8 miliar atau Rp121,4 triliun. Ia meluncurkan perusahaan pertambangan pertamanya di tahun 1994 dan pernah menjadi orang terkaya di Australia. Saat ini Andrew diyakini sebagai orang paling dermawan di negaranya Australia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini