nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lahan Sudah 98%, Groundbreaking Bandara Kediri April 2020

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 16 Januari 2020 17:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 16 320 2153855 lahan-sudah-98-groundbreaking-bandara-kediri-april-2020-xUGsKcReJb.jpg Bandara Kediri (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Kordinator (Menko) bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengelar rapat kordinasi (rakor) untuk membahas pembangunan Bandara Kediri di Kantor Kemenko Maritim dan Investasi Jakarta.

Dalam rapat ini, dihadiri Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Polana B Pramesti, Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) 1 Faik Fahmi, Dirut PT Surya Dhoho Investama (PT SDI), Susanto Widyatmoko dan beberapa pihak lainnya.

Baca Juga: Pembangunan Bandara Kediri Dijanjikan Tak Lebih dari 2 Tahun

Polana mengatakan, rapat kali ini membahas tentang percepatan pembangunan bandar udara di Kediri. Di mana intinya ada beberapa isu yang dibahas terutama terkait pembebasan lahan.

"Pembebasan lahan kita sudah ada solusi. Kemudian tentang penetapan lokasi di mana kuncinya adalah rekomendasi Gubernur untuk bandara sudah sesuai dengan RT/RW sudah ada solusi-solusi. Dan kami menbahas tentang timelinenya," ujar dia, Kamis (16/1/2020).

Menurut dia, untuk pembebasan lahan sudah mencapai 98%. Bahkan pada 16 April 2020 Bandara Kediri akan groundbreaking.

"Pembangunan Bandara Kediri akan dilakukan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), dengan melibatkan Angkasa Pura I, PT Gudang Garam dan beberpa pihak lainnya," ungkap dia.

Baca Juga: Dibangun 2020, Bandara Kediri Ditarget Selesai Tak Lebih dari 2 Tahun

Namun, lanjut dia, pihaknya belum bisa memastikan, apakah Bandara Kediri ini akan menjadi Bandara Internasional apa tidak. Pasalnya di Jawa Timur sudah ada Bandara Juanda Surabaya.

"Saya rasa enggak internasional, karena sudah ada Bandara Surabaya. Pasalnya Bandara Juanda Multi Airport," pungkasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini