nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Orang Terkaya di Taiwan, Bos Foxconn Turun Peringkat

Vania Halim, Jurnalis · Kamis 16 Januari 2020 21:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 16 320 2153975 10-orang-terkaya-di-taiwan-bos-foxconn-turun-peringkat-MlzlH9SmEa.jpg Dolar (Reuters)

JAKARTA – Kondisi perekonomian tampaknya tengah membaik. Alhasil, para orang kaya di negara tersebut bertambah pundi-pundinya.

Dalam daftar orang terkaya di Taiwan, berada di puncak adalah pengusaha makanan Wei bersaudara. Kekayaan mereka nyaris tembus Rp100 triliun.

Baca juga: Miliarder Pemilik Tingyi Didaulat Jadi Orang Terkaya Taiwan

Seperti dilansir dari Forbes, berikut ini daftar orang terkaya di Taiwan tersebut.

1. Wei Ing-chou, Ying-chiao, Yin-chun & Yin-heng

Wei bersaudara membentuk sebuah perusahaan minuman dan makanan bernama Tingyi. Jika kekayaannya digabung, mereka mempunyai senilai Rp98,2 triliun (USD7,2 miliar dengan kurs Rp13.650/USD).

Baca juga: Miliarder Pemilik Louis Vuitton Bantah Akan Beli AC Milan

2. Tsai Hong-tu dan Cheng-ta

Kedua kakak beradik ini memiliki kekayaan yang berasal dari perusahaan jasa keuangan, Cathay Financial Holding. Kekayaan keduanya sebesar USD7,1 miliar atau Rp96,9 triliun.

3. Tsai Eng-meng

Pengusaha berusia 63 tahun ini dinobatkan sebagai pria terkaya nomor tiga di Taiwan berkat usahanya yang bergerak di bidang minuman dan makanan. Dia berhasil meraup kekayaan sebesar USD7 miliar atau Rp95,5 triliun.

Baca juga: Keluar dari Kerajaan, Intip Peluang Karier Pangeran Harry dan Meghan Markle

4. Terry Gou

Sedangkan Gou mendapatkan kekayaannya dari usaha elektronik, yakni Foxconn. Pria yang berusia 69 tahun ini memiliki total kekayaan sebesar USD6,9 miliar atau Rp94,1 triliun. Dia pun turun peringkat, di mana pada tahun lalu dia berada di peringkat pertama.

5. Daniel & Richard Tsai

Kedua bersaudara ini meniti perusahaan di bidang keuangan yang bernama Fubon Financial. Mereka bisa mendapatkan kekayaan bersih sekitar USD5,7 miliar atau Rp Rp77,8 triliun.

6. Jason dan Richard Chang

Chang bersaudara ini memiliki pengemasan semikonduktor terbesar di dunia. Mereka juga memipunyai Sino Horizon Holdings yang menghasilkan kekayaan senilai USD4,6 miliar atau Rp62,7 triliun.

7. Barry Lam

Barry yang merupakan pemiliki Quanta Computer, salah satu produsen notebppk dan elektronik. Serta produsen pembuat jam tangan Apple, dengan bisnisny ia berhasil mengumpulkan kekayaan senilai USD4,3 miliar atau Rp58,6 triliun.

8. Pierre Chen

Chen dengan bisnis elektroniknya Yageo yang ada pada ponsel, tablet, dan mobil. Yageo dibentuk tahun 1977 dan kekayaannya terkumpul sebanyak USD3,8 miliar atau Rp51,8 triliun.

9. Lin Shu-hong

Lin membuat perusahaan bersama temannya yaitu Tseng Shin-yi dan MK Liao. Perusahannya, Chang Shun Group bergerak di bidang petrokimia terbesar di Asia dengan total kekayaannya USD3,75 miliar atau Rp51,1 triliun.

10. Scott Lin

Lin bersama Tony Chen membuat supplier lensa bernama Larga Precision pada 1987. Miliarder berumur 87 tahun ini memiliki kekayaan senilai USD2,9 miliar atau Rp39,5 triliun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini