Skema Diubah, Menteri ESDM Masih Identifikasi Penerima Subsidi Gas Elpiji 3 Kg

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 17 Januari 2020 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 17 320 2154257 skema-diubah-menteri-esdm-masih-identifikasi-penerima-subsidi-gas-elpiji-3-kg-DJvNYISZN8.jpg Gas Elpiji 3 Kg. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan melakukan perubahan skema penyaluran subsidi tabung gas elpiji 3 kilogram (kg). Dengan demikian harga gas elpiji 3 kg akan ikut mengalami perubahan.

"Masyarakat yang tidak masuk dalam data (kurang mampu) akan membeli gas elpiji 3 kg sesuai harga yang berlaku di pasar. Pasalnya masyarakat tersebut masuk dalam kategori mampu," ujar Menteri ESDM Arifin Tasrif di Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Baca Juga: Harga Gas Elpiji 3 Kg Bakal Naik, Ini Kata Agen

Kemudian untuk masyarakat yang terdata digolongkan dalam kategori miskin berhak menerima subsidi. Nah, Kementerian ESDM sedang mengidentifikasi data penerima subsidi gas elpiji 3 kg.

Baca Juga: Subsidi Elpiji 3 Kg Bakal Dicabut, YLKI: Bisa Dimengerti

"Jadi kita identifikasi dulu kira-kira yang memang berhak menerima. Namun tak batasi, yang beriman tetap menerima, cuma terintegrasi dan terdaftar menjadi bisa teridentifikasi," ungkap dia.

Dia menjelaskan, identifikasi data ulang dilakukan untuk mencegah terjadinya kebocoran penyaluran subsidi. Sehingga, subsidi langsung disalurkan pada masyarakat yang memang berhak membutuhkan.

"Yang terima tetap terima cuma terintegrasi dan terdaftar. Maka itu bisa terintegrasi agar mencegah adanya kebocoran," tutur dia.

Seperti diketahui, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengubah penyaluran subsidi tabung gas elpiji 3 kilogram (kg). Perubahan skema penyaluran yang akan dilakukan pada awal semester II-2020 ini bertujuan agar penyalurannya bisa tepat sasaran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini