nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rolls Royce Kembangkan Mesin Pesawat Ultrafan

Agregasi BBC Indonesia, Jurnalis · Sabtu 18 Januari 2020 23:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 18 320 2154909 rolls-royce-kembangkan-mesin-pesawat-ultrafan-XB2ycSsSAD.jpg Foto: Shutterstock

JAKARTA - Perusahaan pembuat mesin pesawat Rolls Royce mengembangkan mesin pesawat Ultrafan yang ramah lingkungan. Mereka mengatakan mesin ini cenderung tidak berisik dan hemat bahan bakar.

"Saya belum pernah melihat skala mesin sebesar ini," kata Lorna Carter, yang baru saja bekerja di unti baru penelitian dan pengembangan mesin Rolls-Royce di dekat kota Bristol, Inggris, seperti yang dikutip oleh BBC Indonesia, Sabtu (18/1/2020)

Dia bekerja dengan robot-robot raksasa yang bertugas meletakkan ribuan strip pita serat karbon untuk membentuk silinder dengan diameter sekitar 3,7 meter.

Silinder tersebut membentuk cangkang luar bagi mesin baru Rolls-Royce yakni Ultrafan. Perusahaan pembuat mesin penerbangan Rolls-Royce mengungkapkan mesin ini cenderung tidak berisik dan hemat bahan bakar dibanding mesin-mesin yang dibuat sebelumnya. Mesin ini jelas ukurannya lebih besar.

"Komponen yang kami buat sangat besar, benar-benar melampaui batas yang bisa kami lakukan, namun kami mampu membuatnya," ujar Carter

Membuat penutup dan bilah kipas dari serat karbon seharusnya bisa menghemat sekitar 20% dibandingkan bahan sebelumnya.

Dan itu penting karena industri kedirgantaraan saat ini berada di bawah tekanan untuk mengurangi dampak lingkungannya. Pesawat memang semakin efisien, namun perjalanan udara berkembang lebih pesat.

(Baca Juga: Rolls-Royce Perkirakan Ada 37.000 Pesawat Komersial Baru Pada 2040)

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini