nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kilas Balik Dipecatnya Ari Askhara sebagai Dirut Garuda Indonesia

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Minggu 19 Januari 2020 13:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 19 320 2155030 kilas-balik-dipecatnya-ari-askhara-sebagai-dirut-garuda-indonesia-uxpT5DttMl.jpg Pesawat Garuda Indonesia (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) tak memiliki pimpinan pasca-dipecatnya Ari Askhara sebagai Direktur Utama. Untuk sementara, Fuad Rizal ditetapkan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Dirut Garuda Indonesia.

Ada cerita menarik soal kekosongan kursi pucuk pimpinan perseroan. Okezone pun membuat kilas balik terkait skandal yang terjadi di Garuda Indonesia.

Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara dipecat karena telah menyeludupkan onderdil Harley Davidson di pesawat Garuda Indonesia nomor GA9721 tipe Airbus A330-900 seri Neo. Barang tersebut ditemukan oleh petugas Bea Cukai Soekarno Hatta.

Baca Juga: Garuda Umumkan Pengganti Ari Askhara Rabu 22 Januari

Ditjen Bea Cukai menemukan 18 boks coklat di beberapa koper bagasi penumpang. Dalam boks tersebut terdapat 15 koli claimtag atas nama SAW yang berisikan part motor Harley Davidson bekas. Tak hanya itu, di sana juga terdapat 3 koil claimtag atas nama LS berisikan 2 unit sepeda Brompton baru beserta aksesoris sepeda.

Menurut Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, motor Harley Davidson jenis Shovelhead tersebut dipesan oleh Ari Askhara. Ari memberikan instruksi untuk mencari motor klasik ini sejak 2018. Motor ini kemudian dibeli pada April 2019.

Baca Juga: Erick Thohir: Dirut dan Komut Garuda Bakal Dijabat Seseorang yang Menarik

Kemudian motor Harley Davidson itu dikirim ke Indonesia bersamaan dengan datangnya pesawat baru Garuda Indonesia pada 17 November 2019. Pengiriman barang dilakukan setelah dilakukan transfer menuju rekening pribadi finance manager Garuda Indonesia.

Ari Askhara segera dipecat oleh Menteri BUMN Erick Thohir pada Kamis 5 Desember 2019, karena terbukti bersalah. Tak hanya dipecat, Ari juga bisa dipidanakan karena kasus penyelundupan yang mengakibatkan kerugian negara hingga miliaran Rupiah.

Banyak pihak yang menyambut positif dengan dipecatnya Ari Askhara, mulai dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) hingga Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia (IKAGI). Menurut Ketua Umum IKAGI Zaenal Muttagin, kinerja Ari Askhara di Garuda Indonesia menimbulkan kontroversi sehingga merugikan banyak pihak.

Setelah Ari Askhara dipecat, Menteri BUMN Erick Thohir segera menunjuk Fuad Rizal sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Garuda Indonesia pada Jumat 6 Desember 2019. Fuad merupakan Direktur Keuangan yang posisinya di bawah Ari Askhara saat itu.

Melansir keterangan dari web Garuda Indonesia, Jumat (6/12/2019), Fuad sudah pernah bekerja di perseroan sebelumnya. Sebelum menjadi direktur keuangan, ria kelahiran 2 Januari 1978 ini menjadi VP Treasury Management Garuda Indonesia.

Fuad Rizal pernah menjabat sebagai Associate Director di Standard Chartered Indonesia. Dia merupakan alumni Institut Teknologi Bandung jurusan Teknik Industri.

Menteri BUMN Erick Thohir saat ini sudah mencari Dirut Garuda yang baru. Dia akan mengumumkannya pada Rabu 22 Januari 2020.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini